STRATEGI RADIO LUHAK NAN TUO 102.5 FM DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA MEDIA DIGITAL

Sabran Jamil, Marhen Marhen, Siti Fadilla

Abstract


Pokok Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi Radio Luhak Nan Tuo 102,5 FM dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Media Digital. Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui dan menjelaskan apa saja bentuk Strategi Radio Luhak Nan Tuo 102,5  FM dalam mempertahankan eksistensinya di era media digital dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat Strategi Radio Luhak Nan Tuo dalam mempertahankan Eksistensinya di Era Media Digital.Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Pengelolaan data yang dilalukakan secara deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa: Pertama Strategi Radio Luhak Nan Tuo dengan memanfaatkan media digital itu sendiri, seperti membuat akun media sosial instgram, facebook, youtube. Kedua strategi  Radio Luhak Nan Tuo  sudah menggunakan lima strategi yaitu terdiri dari Strategi Kesesuaian, Strategi PembetukanKebiasan, Strategi kontrol arus pendengar, Strategi penyimpanan sumber-sumber program, strategi penarik masa. Kelima strategi ini sudah dioptimalkan oleh Radio Luhak Nan Tuo dalam mempertahankan eksistensinya. Ketiga faktor penghambat Radio Luhak Nan Tuo terdiri dari masalah sambungan sinyal telefon sehingga live streaming  terputus. Lalu dalam siaran sinyal wifi yang bermasalah serta beberpa sarana prasarana yang masih kurang seperti komputer ruang boxsiar yang masih kecil namun hal ini sudah diatasi.Faktor pendukung Radio Luhak Nan Tuo dalam mempertahankan Eksistensinya seperti memilki penyiar yang kompetensi dibidangnya. Pendengar atau fans Radio Luhak Nan Tuo cukup banyak.


Full Text:

Download PDF

References


Febiani,Kristi. 2017. “Pengaruh Intensitas Mendengarkan, Motivasi dan Sikap terhadap Radio Delta FM”. Tesis.FISIP,Ilmu Komunikasi, Universitas Diponegoro, Semarang

AliftaQiroatul. 2019. “Strategi Radio Swara Kendal FM dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era Modren”. Skripsi.Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Negeri Walisongo Semarang.

Lumbu, Aliyandi A. 2018. Strategi Komunikasi Dakwah. Yogyakarta: CV Gre Publishing.

Liliweri, A. 2010.Strategi Komunikasi Masyarakat.Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Hakki, H. dan Rustan, A. S. 2017.Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sugyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung :Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/kinema.v1i2.8389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sabran Jamil, Marhen Marhen, Siti Fadilla

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Abstracted/Indexed by:

       

         

 

Kinema: Journal Komunikasi dan Penyiaran a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License