POLA KOMUNIKASI ORANG TUA DENGAN WALI KELAS TERHADAP PERKEMBANGAN BELAJAR ANAK KELAS 4 DI TAMAN PENDIDIKAN Al-QUR’AN JORONG BADINAH MURNI NAGARI MINANGKABAU

Meri Noviani, Zafirah Quroatun ‘Uyun

Abstract


Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah perlu dilakukan komunikasi yang baik antara guru dengan wali kelas di TPA, karena di Taman Pendidikan Al-Qur’an ini khususnya kelas 4 dituntut untuk sudah lancar membaca Al-qur’an dan juga diwajibkan untuk menghafal juz 30. Hal tersebut dilakukan sebagai syarat untuk bisa mengikuti khatam Al-Qur’an tahun berikutnya. Maka di kelas 4 inilah semua proses menghafal dan membaca Al-Qur’an di mantapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi orang tua dengan wali kelas terhadap perkembangan belajar anak kelas 4 di Taman Pendidikan Al-Qur’an Jorong Badinah Murni Nagari Minangkabau. Penelitian ini dilakukan kepada wali kelas dan orang tua anak kelas 4 Taman Pendidikan Al-Qur’an Jorong Badinah Murni Nagari Minangkabau.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui wawancara dan observasi. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisis data menggunakan tahapan Reduction  (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (verification).

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, pertama pola komunikasi silkular orang tua dengan wali kelas terhadap perkembangan belajar anak  memiliki respon yang berbeda dari orang tua. Ada orang tua yang memberi respon kepada wali kelas dan ada yang tidak, hal tersebut di karenankan tuntutan pekerjaan orang tua. Kedua pola komunikasi yang sering dipakai oleh orang tua dan wali kelas mengenai perkembangan belajar anak adalah pola komunikasi rantai, yang mana orang tua menerima informasi dari wali kelas dan disampaikan kepada anak tanpa ada komunikasi lebih lanjut kepada wali kelas. 

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa, pertama pola komunikasi silkular orang tua dengan wali kelas terhadap perkembangan belajar anak  memiliki respon yang berbeda dari orang tua. Ada orang tua yang memberi respon kepada wali kelas dan ada yang tidak, hal tersebut di karenankan tuntutan pekerjaan orang tua. Kedua pola komunikasi yang sering dipakai oleh orang tua dan wali kelas mengenai perkembangan belajar anak adalah pola komunikasi rantai, yang mana orang tua menerima informasi dari wali kelas dan disampaikan kepada anak tanpa ada komunikasi lebih lanjut kepada wali kelas.


Full Text:

Download PDF

References


Anwar, S. (2009). Pemahaman Individu, Observasi, Cheklist, Interviu, kuesioner, dan Sosiometri, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tiharoh, 2008.Hubungan Antara Komunikasi Orang Tua Dengan Wali Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMPN 28 Jakarta Selatan.Repository.uinjkt.ac.id.

Sugiyono, 2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Moleong, 1. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noor, J. (2013). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada MediaGroup.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cet. 18. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alvabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/kinema.v1i2.8388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Meri Noviani, Zafirah Quroatun ‘Uyun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Abstracted/Indexed by:

       

         

 

Kinema: Journal Komunikasi dan Penyiaran a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License