POLA KOMUNIKASI GAMERS DALAM GAME ONLINE MOBILE LEGENDS PADA MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH
Abstract
Pokok permasahan dalam skripsi ini yaitu bagaimana pola komunikasi gamers dalam game online Mobile Legend pada mahasiswa fakultas ushuluddin adab dan dahwah. Tujuan membahas ini untuk mengetahui pola komunikasi gamers dalam game online Mobile Legend.
Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) untuk mendapatkan data-data dan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara (interview) secara langsung (offline) dan secara tidak langsung (online) melalui aplikasi Whatsapp untuk mendapatkan data, dan dokumentasi. Pengholahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, proses komunikasi berlangsung dengan baik, dilakukan dengan tatap muka dan menggunkakan sarana online yaitu berupa chatting dan voice. Kedua, terdapat stiker dan emoji yang menjadi sarana mengekspresikan diri dan menekan suatu pernyataan sewaktu berkomunikasi secara online. Ketiga, efek positif dari segi bahasa yaitu gamer dapat mengetahui bahasa-bahasa daerah luar serta bahasa gaul, efek negatifnya berupa bahasa kasar dan kotor yang sering terbawa-bawa ke kehidupan sehari-hari, serta efek negatif dari segi sikap yaitu emosi yang tidak terkontrol dan menunda-nunda waktu.
Full Text:
Download PDFReferences
Adnrew, A. E. 2006. Fundamentals Of Game Design Prentice Hall . Yogyakarta: Graha Ilmu.
Affandi, M. 2013. Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Efektifitas Komunikasi Interpersonal pada Kalangan Pelajaran Kelas 5 SDN 9 Samarinda . Jurnal eJournal Ilmu Komunikasi , Vol 1 no 4.
Ahmadi, R. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
AW, S. 2005. Komunikasi Perkantoran; Prinsip Komunikasi Untuk Meningkatkan Kinerja Perkantoran . Depok: Media Wacana.
Aziz, R. 2011. Hubungan Kecanduan Game Online dengan Self Esteem Remaja Gamers di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.
Cahyani, A. R. 2019. Tinjauan hukum islam mengenai praktik transaksi jasa joki rangked game online mobile legends (komunitas gamers sumurboto semarang). google scholar , 58-59.
Deddy Mulyana, I. P. 2015. Komunikasi Media dan Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offeset.
Desmon, G. 2017. Komunikasi Cerdas: Panduan Berkomunikasi di Dunia Kerja. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Efendy, O. U. 2005. Ilmu komunikasi Teori dan Praktek . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Espada, B. 2018. Apa itu Mobile Legends?. Medium.com: Online (https://medium.com/esportsindonesia/apa-itu-mobile-legends) Akses pada tanggal 26 Maret 2020.
Fauzi, M. P. 2018. Tips Dan Trik Bermain Mobile Legends:Bang-Bang. Okezone. Akses pada pada tanggal 26 Maret 2020.
Fitriana, D. 2015. Efek Tayang Reportase Investigasi di Trans TV Episode Makanan Berbahaya Pada Masyarakat RT. 22 Kelurahan Pelita Samarinda. eJurnal Ilmu Komunikasi.Vol. 3 , 56.
Giandi, A. F. 2012. Perilaku Komunikasi Pecandu Game Online Dengan Menggunakan Game Online Dengan Menggunakan Game Online. Jurnal Mahasiswa Universitas Pajadjaran , Vol 1 No 1.
Handayani, M. R. 2011. Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) dan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Berbasis WEB Lokal melalui Jaringan Internet. Jurnal Semarang , 285.
Haryani, D. 2014. Pelaksanaan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah Dengan Guru Di SMK Muhammadiyah Karangmojo. Yogyakarta: Skripsi. Institut Agama Islam Maulana Malik Ibrahim Negeri Malang.
Justisiani, E. I. 2014. Persepsi Masyarakat Tentang Bentuk Komunikasi Verbal dan Non Verbal Pada Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 2, Nomor 3 , 196-198.
Kasmuri, D. 2016. Pedoman Penulisan Skrpsi IAIN Batusangkar. Batusangkar: IAIN Batusangkar Press.
Khalid, U. 2018. Mobile Legends Jungle Guide-Jungling Tips, Best Junglers, Moster Respowns, Buffs, How To Farm Jungle. Segmentnext , 48.
Kriyantono, R. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana Perdana.
Kurniawan, D. 2017. Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prograstinasi pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Gusjigang , Vol 3 No 1.
Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mufid, M. 2005. Komunikasi & Regulasi Penyiaran. Jakarta: Prenada Media.
Mufid, M. 2005. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta: Prenada Media.
Muhammad, A. 2015. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara, Cet ke 14.
Mulyana, D. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: Cetakan 1.
Mulyana, D. 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Oktavia, L. 2019. Hubungan Tingkat Penggunaan Games Online Mobile Legend Dengan Komunikasi Interpersonal Remaja DiJorong Baringin Tabek Boto. Batusangkar. Skripsi.Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Pratiwi, E. 2017. Perilaku Komunikasi Interpersonal Pecandu Game Online.Skrpsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang.
Prayoga, D. 2019. Penyesuaian Diri dalam Berinteraksi Mahasiswa Mandahiliang di IAIN Batusangkar. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Purba, A. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan: Pustaka Bangsa.
Putra, N. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Pendidikan . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rahmad, D. M. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Santoso, M. R. 2014. Sejarah dan Game Pertama. Serpong: Universitas Surya HCI (Human Computer Interaction).
Saputra, P. 2019. Kemampuan Kontrol Diri Remaja Pecandu Game Mobile Legends Di Kelurahan Kebun Beller Kota Bengkulu. Skripsi . Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Seran, Sirilius. 2020. Metodologi PenelitianEkonomi dan Sosial. Yogyakarta. PT Rajawali.
Sobur, A. 2016. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offeset.
Sucley, M. 2018. Mobile Legends Is Quitly Out-Grossing Arena Of Valor In Many Counntrires . Pocket Gamer , 34.
Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Suprapto, T. 2011. Peran Ilmu Komunikasi dan Peran Manajemen dalam Komunikasi. Jakarta: PT. Buku Seru.
Suranto, A. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi (1). Bandung: CV Pustaka Setia.
Sutoyo, A. 2009. Pemahaman Individu, Observasi, Checklits, Interviu, Kuesioler dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto, Y. 2018. Pola Komunikasi Virtual Dalam Percakapan Tim Game Online Counter Strike Global Offensive Dalam Menyusun Strategi Permainan. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan.
Trianto, Y. 2018. Pola Komunikasi Virtual dalam Percakapan Tim Game Online Counter Strike Virtual. Jurnal Spektrum Komunikasi , Vol 6 No. 1.
Ulum, B. 2018. Game "Mobile Legends Bang Bang" Di Kalangan Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Dalam Tinjauan "One Dimenisional MAn" Herbert Marcuse. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Widjaja, A. 2002. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wursanto. 2002. Dasar- Dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi.
Young, K. 2009. Understanding Online Gaming Addiction and Treatment Issues for Adolescents. Jurnal The American Journal of Family Treraphy , 37.
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/kinema.v1i2.8385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fauzi Almutazam, Irman Irman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstracted/Indexed by:
Kinema: Journal Komunikasi dan Penyiaran a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License