PROSES KOMUNIKASI INFORMATIF ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 FAKULTAS USHULUDIN ADAB DAN DAKWAH

Annisa Febriani, Irman Irman

Abstract


Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu bagaimana proses komunikasi informatif antara dosen dan mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Proses komunikasi ini mencakup tentang bagaimana proses komunikasi informatif antara dosen dan mahasiswa dalam bimbingan skripsi, konsultasi akademik, perkuliahan, serta kendala-kendala yang terjadi selama proses komunikasi informatif antara dosen dan mahasiswa dalam masa pandemi COVID-19 ini.

Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research), untuk mendapatkan data-data dari masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui wawancara (interview) secara online melalui aplikasi Whatsapp untuk mendapatkan data, dan dokumentasi. pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif.

Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan, dapat disimpulkan bahwa proses komunikasi informatif antara dosen dan mahasiswa di masa pandemi COVID-19 ini terjadi dengan mahasiswa yang akan menghubungi dosen terlebih dahulu. Proses bimbingan skripsi, konsultasi akademik beserta perkuliahan terjadi sesuai dengan kesepakatan antara dosen dan mahasiswa, proses bimbingan skripsi dan konsultasi akademik bisa terjadi melalui perantara media online melalui media pembelajaran zoom, google meet, google clasroom, whatsapp, dan juga e-campus di masa pandemi ini, tapi tidak menutup kemungkinan pula dilakukan dengan cara bertatap muka langsung, tetapi harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang tengah di berlakukan dimasa pandemi ini.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi R. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Riz Media

Bungin B. 2006. Sosiologi Komunikas. Jakarta: Kencana.

Daryanto. 2016. Teori Komunikai. Yogyakarta: Gava Media

Liliweri A. 2015. Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana.

Mulyana D. 2013. Ilmu Komunikas., Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noor, J. 2013. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group.

Maelansari. 2018. Hubungan Pola Komunikasi Mahasiswa-Dosen Pembimbing Akademik Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Semester Viii Prodi Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Disertasi. Fakultas Tarbiah Dan Keguuruan Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Cv Alfabeta.

Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cet. 18. Bandung: CV Alfabeta.

Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Zuhria NA. 2013. Proximty Dalam Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. IAIN Sunan Ampel. Surabaya.

E-Book

Irene. 2020. Komunikasi Organisasi (e-book). Surabaya: PT. Scopindo Media Pustaka

Maer D. Pengantar Teori Komunikasi, Edisi 3 Analisis dan Aplikasi (e-book). Jakarta: Penerbit Salemba Humbanika Wijaya Grand Center D7.

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi (e-book). Jakarta: Grasindo.

Jurnal

Maryana D. 2016. Analiasis Teknik Komunikasi Informatif BPJS Kesehatan Dalam Memberikan Pelayanan Pada Pengguna Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di RSUD A.W.Sjahranie Samarinda. UNMUL. Vol 4. No 1.

Azizah M. 2020. “Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pola Komunikasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (Umm). Universitas Muhammadiyah Malang. Vol 6. No. 1

Febrini D. 2014. Peningkatan Kinerja Dan Motivasi Dosen Sebagai Usaha Meningkatkan Kualitas Lyanan Kepada Mahasiswa. IAIN Bengkulu. Vol 15. No. 2.

Gugus T. 2019. Protokol Percepatan Penanganan Pandmi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019).covid19.go.id.4 Februari 2021 (22.15).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar