PERAN SURAU TV DALAM MENYEBARKAN DAKWAH

Muhammad Fadilah Syahdanta, Syafriwaldi Syafriwaldi

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah, adanya tanggapan bahwa Surau TV adalah sebuah televisi dakwah yang berada pada sebuah “aliran” atau organiasi Islam tertentu. Penelitian ini menunjukkan tanggapan para pemirsa terhadap tayangan Surau TV, peran Tim Kreatif Surau TV dalam menyebarkan dakwah, dan permulaan Surau TV sebagai televisi dakwah serta faktor pendukung dan penghambat Surau TV dalam menyebarkan dakwah. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan (field research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, berdasarkan tanggapan para pemirsa, bahwa Surau TV memiliki karakteristik dalam tayangannya dengan menggunakan unsur budaya dan bahasa Minangkabau. Kedua, Tim Kreatif Surau akan terbentuk jika ada sebuah program acara yang dijalankan. Ketiga, Surau TV adalah televisi dakwah berbasis Ahlusunnah Wal Jam’ah yang ada di tanah Minangkabau. Dakwah  Surau TV juga mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah, sosial, dan yang lainnya. Hambatan juga tidak luput bagi Surau TV, mulai dari adanya ketidaksesuaian padangan masyarakat terhadap dakwah yang ditayangkan Surau TV, internet yang bisa mempengaruhi kualitas siaran serta listrik yang mempengaruhi aktifitas tayangan. Dukungan serta hambatan harus dilalui oleh Surau TV, agar mampu Surau TV mampu menjadi televisi dakwah yang lebih baik dan mampu menjawab permasalahan umat.

Full Text:

PDF

References


Effendy, O. U. 1985. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. CV. Remadja Rosda Karya, Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitaif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Alafabeta. Bandung.

Wahid, A. 2015. Fenomena Dakwah di Televisi (Kajian dalam Dunia Infotaimnet). Jurnal Dakwah Tabligh 16(1): 67-77.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/kinema.v1i1.5691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Fadilah Syahdanta, Syafriwaldi Syafriwaldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Abstracted/Indexed by:

       

         

 

Kinema: Journal Komunikasi dan Penyiaran a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License