PEMANFAATAN FOTO JURNALISTIK OLEH POS METRO PADANG PADA PEMBERITAAN KORAN

Izzatul Mufidah, Refika Mastanora

Abstract


Foto jurnalistik tidak bisa dilepaskan dari media massa karena perkembangan media massa, baik cetak, elektronik maupun online, memicu setiap orang untuk membuat dan mendapatkan foto yang bagus dari media pilihannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena yang terjadi pada saat penelitian berlangsung. Informan penelitian adalah wartawan Pos Metro Padang. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. sedangkan keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa foto jurnalistik di Pos Metro Padang bersifat aktual, memberikan informasi, mangandung unsur kebaruan, memiliki keaslian yang tinggi serta memberikan respon terhadap masyarakat. Jurnalis Pos Metro Padang mengutamakan kepentinagn umun dari pada kepentingan instansi, karena berita yang diperoleh bersumber dari masyarakat dan dipublikasikan untuk masyarakat itu sendiri.


Full Text:

PDF

References


Alwi M. Audy. 2016. Foto Jurnalistik. Catakan keenam. PT Bumi Aksara. Jakarta

Gani R. dan K. R. Rizki. 2013. Jurnalistik Foto. Cetakan Pertama. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Hidayatullah. A. 2016. Jurnalisme Cetak Konsep dan Praktik. Litera Yogyakarta. Yogyakarta

IAIN Batusangkar. 2107. Buku Pedoman Penulisan Skripsi IAIN Batusangkar. Batusangkar: IAIN Batusangkar

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Noor, J. 2013. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media Group.

Putera, N. 2012. Penelitian Kualitatif: Proses & Aplikasi. Jakarta Barat: Permata Puri Media

Rahmat Ikbal dan Abdurrahman. 2017. Fotografi Jurnalistik. Modul Pembelajaran FIKOM Esa Unggul. Agustus 2017. Jakarta

Romli, A. Syamsul M. 2008. Kamus Jurnalistik. Cetakan pertama. Simbiosa Rekatama Media. Bandung

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.Bandung

Yunus Syafrudin. 2015. Jurnalistik Terapan. Cetakan Ketiga. Ghalia Indonesia. Bogor

Azhar F. 2018. Kajian Foto Jurnalistik Demonstrasi 1998 Karya Julian Sihombing. Jurnal DESAIN. 6 (01): 57

Darmawan F. 2005. Jurnalistik Foto Diera Digital: Antara Teknologi dan Etika. Jurnal Mediator. 1 (1): 28-29

Fardiana.2014. Analisis Penyajian Foto Berita Pada Surat Kabar Harian Umum Rakyat Bengkulu. Jurnal Profesional FIS UNNIVED. 1 (1): 9-10

Gamala, N. Tri. 2016. Implementasi Kode Etik Jurnalistik Pada Foto Jurnalistik Dalam Rubrik Hukum Kriminal Di Portal Berita GoRiau.com. Jurnal Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Jurnalistik 3 (2): 6-7

Husaebah, S. 2014. Peningkatan Kompetensi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah. 2 (2): 2-3

Nuswantara, J. P. 2014. Pesan Sosial Dalam Foto Jurnalistik. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Semarang. 6 (1): 15-16

Payoka, V. 2016. Analisi Isi Foto Jurnalistik Pada Kolom Citizen. Jurnal Ilmu Komunikasi Fakulatas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 3 (20): 3-4




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/kinema.v1i1.5690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Izzatul Mufidah, Refika Mastanora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Abstracted/Indexed by:

       

         

 

Kinema: Journal Komunikasi dan Penyiaran a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License