STRATEGI KOMUNIKASI BASIC TRAINING (LK I) HMI CABANG BATUSANGKAR

Mukhtar Rahmad, Riki Rikarno

Abstract


Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi komunikasi HMI Cabang Batusangkar dalam kegiatan Basic Training LK I. Jenis penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama strategi komunikasi yang digunakan HMI Cabang Batusangkar dalam kegiatan Basic Training (LKI) secara langsung (face to face) dan komunikasi secara tidak langsung (media) dan juga komunikasi atas bawah (top down). Kedua proses kaderisasi anggota baru HMI Cabang Batusangkar mengunakan strategi komunikasi pra kondisi, tebar jala, dan tombak. Ketiga dalam penyampaian materi, komunikasi yang dipakai dengan cara Doktrinisasi, Dekonstruksi dan Rekonstruksi sedangkan metode yang digunakan dalam penyampaian materi adalah mengunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.


Full Text:

PDF

References


A. Ma‟ruf, d. (2008). Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Ubhara Surabaya Press.

Ad-Dumaiji, A. b. (2006). At-Tawakkal Alallah Ta’al . Jakarta : PT Darul Falah .

Arifin, M. (1993). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Assauri, S. (2013). Strategic Management Edisi 2. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada .

Basit, A. (2013). Filsafat Dakwah. Jakarta: Rajawali Pers.

Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo.

Darajat, Z. (1984). Dasar-dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendi, O. U. (1999). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendi, O. U. (2004). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryadi, Edi, M.Si. (2018) Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ghazali, I. ( 2004). Ihya’ Ulumuddin . Surabaya: : Bintang Usaha Jaya.

Haryani. (2001). Komunikasi bisnis. Yogyakarta: upp amp ykpn.

HMI, P. (2010). Hasil-hasil Kongres HMI XXVII. Jakarta: PB HMI.

Imam Khomeini, I. I. (2004). Menjadi Manusia Sempurna dengan Sifat-sifat Ketuhanan, Puncak Penyingkapan Hijab-hijab Duniawi . Jakarta: Pustaka Zahra.

Jauhari, M. R. (2006). Keistimewaan Akhlak Islami terj, Dadang Sobar Ali. Bandung: Pustaka Setia.

Karazkani, I. a. (2005). Taman Orang-Orang Yang Bertaubat. Jakarta: Pustaka Zahra

Liliwer, A. (2011). Komunikasi Serba Ada dan Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mahjuddin. (2009). Akhlak Tasawuf I. Jakarta: Kalam Mulia.

mam Ghazali, I. U.-D. (2006). Dâr Ihya Al-Kutb Arabiyah, Beirut juz II. Jakarta: Dâr Ihya Al-Kutb Arabiyah, Beirut juz II.

Masy‟ari, A. (1990). Akhlak Al-Quran. Surabaya: Bina Ilmu.

Mishbah, M. (1984). Monoteisme Sebagai Sistem Nilai dan Aqidah Islam. Jakarta: Jakarta Lentera.

Modry. (2016). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja RosdaKarya .

Mubarok, A. (2001). Psikologi Qur’ani. Jakarta: Pustaka Firdaus .

Muhaimin, A. M. (1991). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Bumi Aksara .

Mz, L. (2006). Rahasia Kehidupan Orang Sufi, Memahami Ajaran Thoriqot & Tashowwuf. Surabaya: Bintang Usaha Jaya.

Najati, M. U. (2005). Hadits dan Ilmu Jiwa . Bandung: terj. Zaka alfarizi Pustaka.

Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam, H.-H. K. (2010). Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam, Hasil-Hasil Kongres XXVIII. Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam, Hasil-Hasil Kongres XXVIII.

Rahman, M. F. (2020). Komunikasi bagian dari dakwah. Rahman, M. F. (2020, November 15) Komunikasi bagian dari dakwah. Banda Aceh, Nanggaroe Aceh/Darussalam, daridakwah.html .

Rahmat, J. (2000). Psikologi Komunikasi, Cet. 15. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, F. (1997). Analisi Swot Teknik Membeda Kasus bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Sinar Umum.

Riswandi. (2009). Karakteristik Komunikasi. Jakarta: (novanblog23.blogspot.com). diakes 8 Oktober 2020. .

Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi Teori dan Studi Kasus. Jakarta : Rajawali Pers.

Sitompul, A. N. (2015). Basic Training: Panduan Untuk Kader HMI. Ciputat: Bidang PA HMI Cabang Ciputat.

Soekanto, S. (1985). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: CV Rajawali.

Solichin. (2010). HMI Candradimuka Mahasiswa. Jakarta: Sinergi Persadatama Foundation.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhandang. (2014). Penerapan Strategi Komunikasi dalam Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukandar, D. (2006). Rock Climbing. yogyakarta: andi affset.

Suryanto. (2015). Pengantar ilmu komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Tirtamiharja, S. (2005). Mendengarkan Adalah Emas (Listening Is Golden). Tangerang: Yaski.

Training, B. (2016). Basic Traning Panduan Untuk Kader Himpunan Mahasiswa Islam. Ciputat: Bidang PA HMI Ciputat.

Triyono. 2008. Strategi Radio Global Dalam meningkatkan Kualitas Penyiar. Skripsi S1 Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. (http:// digilib.uin-suska.ac.id.pdf) diakses 16 April 2018 (tidak diterbitkan).

Widharta, W. P., & Sugiharto. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Universitas Kristen Petra, 1-3.

Widjaja, H. A. (2010). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: PT Bumi Aksara.

wijaya, R. R. (1991). strategi Pengendalian Administratif. Bandung: Angkasa.

XXVIII, H.-H. K. (2010). Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam. Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam, 164-179.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar