TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP PERBEDAAN HARGA DALAM PENJUALAN BOBOT BAHAN PANGAN DI PASAR PADANG PANJANG

Aditya Revalino, Sa’adatul Maghfira

Abstract


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah dasar pertimbangan penjual menaikkan harga bobot bahan pangan di pasar Padang Panjang borongan dan tinjauan fiqh muamalah terhadap perbedaan harga bobot bahan pangan di pasar Padang Panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Kesimpulannya terhadap perbedaan harga dalam penjualan bobot bahan pangan menurut fiqh muamalah terjadi karena berbagai faktor yang mempengaruhinya, bahkan kemudian harga bobot yang 1/2kg dan 1/4 kg lebih mahal atau lebih besar besar keuntungan dibandingkan satuan harga untuk satu kilonya. Dalam pandangan Fiqh Muamalah, harga terjadi karena pengaruh harga yang didapat oleh pengecer berbeda, karena perlakuan perlakuan pengecer besar yang tidak sehat seperti monopoli, kelangkaan barang, serta banjirnya barang, hal ini terlarang, namun harga 1/2kg dan 1/4kg bila dalam satuan kilonya sama dan lebih murah ini dibolehkan karena kedua belah pihak saling mengetahui harga bobot bahan pangan pada ukuran 1/2kg dan 1/4kg, dan jika harga 1/2kg dan 1/4kg nya mahal maka ini tidak diperbolehkan karena salah satu piha tidak mengetahui harga bobot bahan pangan pada ukuran 1/2kg dan 1/4kg. Maka konsumen tersebut punya hak khiyar ghabn yaitu khiyar karena harga yang sangat tidak layak.


Keywords


Fiqh Muamalah, Perbedaan Harga, Penjualan Bobot Bahan Pangan

Full Text:

PDF

References


Abidin, Ibnu Mas’ud & Zainal. (2007). Fiqih Madzhab Syafi’i. Bandung: Pustaka Setia.

Ahmad, A. B. (2002). Asas-Asas Hukum Muamalah. Yogyakarta : UII Pres.

Ahmad, S. S. (2013). Fikh Sunah Sayyid Sabid. Jakarta: Pustaka Al- Kausar .

Alsubaly, Y. (n.d.). Fiqh Muammalah dan aplikasinya dalamEkonomi Modern, Alih Bahasa. Darul Ilmi.

Anwar, S. (2007). Hukum Perjanjian Syariah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arianti, Farida. (2014). Fiqh Muamalah. Batusangkar: STAIN Batusangkar Press.

Arifin, M. (2010). Perniagaan Nabi. Bogor: Pustaka Darul Ilmi.

Ash-Shidiqy, H. (1974). Pengantar Fiqh Muamalah . Semarang : PT.Bulan Bintang.

Aziz.M.A, A. (2010). Fiqh Muamalah Sistem Transaksi dalam Islam. Jakarta: Sianar Grafika Offset.

Az-Zuhaili, W. (2011). Fiqih Islam Wa adillatuhu.jilid IV. Jakarta: Gema insan .

Basyir, A. A. (2000). Yogyakarta: UII Pres.

Djazuli. (2006). kaidah-kaidah fiqh : kaidah- kaidah islam dalam menyelesaikan masalah-maslah yang praktis . jakarta: kencana .

Elimartati. (2010). Hukum Perdata Islam di Indonesia. Batusangkar: STAIN Batusangkar Press.

Gregory Mankiw, I. (2003). Pengantar Ekonom. Jakarta: Erlangga,.

Hakim, L. (2012). Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam. Surakarta: Erlangga.

Haroen, H. (2000). Fiqh Muamalah. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Hasan, A. M. (2004). Berbagai Macam Transaksi Dalam Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasan, M.Ali. (1998). Masail Fiqhiyah al-Haditsah pada Masalah-masalah kontemporer.

Ikit, D. (2018). Jual Beli dalam Perspektif Ekonomi Islam. Yogyakarta: Gava Media .

Isiahi.A. (1997). Konsepsi Ekonomi Ibnu Taimiyah . Surabaya: PT. Bina Ilmu Offset.

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Lestari, S. (2017). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terdapat Ketidak Stabilan Harga di Rumah Makan Wilayah Kabupaten Tanah Datar. 29-31.

Mandala, M. (2004). Akuntansi Islam. jakarta: Bumi Aksara.

Mas'adi. (2002). Fiqh Muamalah Kontektual. Jakarta: PT.Raja Grafido Persada.

Mucklih, A. W. (2015). Fiqih Muamalah. Jakarta: AMZAH.

Qardhawi, Y. (2009). Norma dan Etika Ekonomi. Jakarta: Gema Insan Pres.

Rahman, A. (1996). Muamalah (Syaria III). Jakarta: PT. Raja grafindo persada.

Ramulyo, M.I. (1996). Hukum Perkawinan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Sabiq, S. (2006). Fiqh Sunnah . Jakarta: Pena Pundi Aksar.

Sabiq, S.(2012). Fiqh Sunnah. Jakarta: Cakrawala Publishing.

Santoso, U. (2010). Hukum Agraria dan Hak-Hak Atas Tanah. Jakarta : Perdana Media Group.

Sari, Gumala. (2005). Hukum Perikatan Islam. Jakarta: Kencana.

Stanton, J. (2000). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlanga.

Sudarsono, H. (2004). Konsep Ekonomi Islam . Yogyakarta: Ekonisa UII.

Suhendi, h. (2002). fiqh Muammalah Membahas Ekonomi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Suhendi, H. (2008). Fiqh Muamalah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Swastha, B. (1999). Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Syafei, R. (n.d.). Jual Beli Islam. Surabaya: Arkolo.

Syarifuddin, A. (2003). Garis-Garis Besar Fiqh. Jakarta: Kencana.

Wendra.Y. (2014). Penaksiran Harga Menurut Hukum Islam . Batusangkar: batusangkar press.

Yosof, W. (2004). Bangunan Ekonomi Yang Berkeadilan . Yokyakarta: insan pres.

Yunia, I. F. (2014). Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid Al-Syariah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Zuhdi, Masjuk. (1993). Masail Fiqhiyah. Jakarta: PT. Midas Surya Grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jisrah.v2i1.3247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aditya Revalino, Sa’adatul Maghfira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed by:

 

 

 

JISRAH: Jurnal Integrasi Ilmu Syariah

ISSN 2775-3557 (Online) and 2775-1783 (Print)

Published by Institut Agama Islam Negeri Batusangkar

Email: jisrah@iainbatusangkar.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.