HARGA GAS LPG 3 KG DI NAGARI RAMBATAN DITINJAU MENURUT PERGUB SUMBAR NO 95 TAHUN 2014 DAN FIKIH MUAMALAH

Yogie Handarto, Yustiloviani Yustiloviani

Abstract


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja faktor penyebab harga gas LPG 3 Kg berbeda di Nagari Rambatan? Bagaimana pandangan Pergub Sumbar No 95 Tahun 2014 dan Fikih Muamalah terhadap faktor penyebab harga gas LPG berbeda di Nagari Rambatan? Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu 1 orang agen LPG 3 Kg, 6 orang pangkalan LPG 3 Kg, 6 orang toko/pengecer dan 2 orang pembeli LPG 3 Kg, sedangkan sumber data sekunder adalah dokumentasi dan buku-buku atau literatur yang berkaitan dengan harga LPG 3 KG yang penulis teliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, yaitu Pertama faktor-faktor berbedanya harga jual LPG 3 Kg di Nagari Rambatan yaitu yang Pertama  kelangkaan LPG 3 kg, Kedua faktor distribusi angkutan, Ketiga harga jasa antar, Keempat pasokan yang terlambat , dan Kelima ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi. Kedua, berdasarkan  Pergub Sumbar No 95 Tahun 2014 Tentang Harga Eceran Tertinggi LPG Tabung 3 Kg di Tingkat Pangkalan dengan menetapkan harga jual LPG tabung 3 kg Rp 17.000,-/tabung. Terjadinya penetapan harga secara sepihak yang dilakukan oleh sub penyalur/pangkalan tanpa menginfomasikan kepada konsumen telah melanggar hak-hak   konsumen   dalam Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999   tentang   perlindungan konsumen yaitu melanggar pasal 4 huruf (c), dan (g). Sedangkan, tinjauan fikih muamalah terhadap penetapan harga jual LPG tabung 3 kg di Nagari Rambatan, jika dipandang dari hukum Islam sudah sesuai dengan syarat dan rukun jual beli sehingga jual beli sah tapi fasid. Praktek penetapan harga secara sepihak yang dilakukan sub penyalur/pangkalan dapat dikatakan melanggar amanah dari pemerintah.

Keywords


Harga LPG 3 Kg Nagari Rambatan, Pergub Sumbar No. 95 Tahun 2014, Fiqh Muamalah

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Sofi Nur. (2015). Analisis Mekanisme Penetapan Harga Jual Dalam Perspektif Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah (Studi Kasus Di Toko Arafah Jl. Perjuangan Cirebon). Cirebon: IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Alimuddin. (2011). Konsep Harga Jual Islami. Malang: Universitas Brawijaya.

Amstrong, Gary. (1987). Menejemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Arianti, Farida. (2014). Fikih Muamalah. Batusangkar : STAIN Batusangkar.

Depaq RI. (1989). Al-Qur’an dan terjemahan, Semarang: CV. Toha Putra.

Djakfar, Muhammad. (2009). Hukum Bismis.Yogyakarta: PT Lakis Printing.

Effendy, Saladdin Wirawan. (2017). Analisis Saluran Distribusi Gas LPG 3 Kg Serta Dampaknya Terhadap Harga Pada Tingkat Konsumen Akhir (Studi Kasus Kota Palembang). Palembang: STIM Amkop.

Hasnah. (2013). Penetapan Harga Jual Beli Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Pada Rumah Makan Prasmanan Arky Di Makasar). Makasar: UIN Alauddin Makasar.

Hilal, Syamsul. (2014). Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam. Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.

Huda, Nurul. (2008). Ekonomi Makro Islami. Jakarta: Kencana.

Jaka Isgiyarta. (2012). Dasar-Dasar Ekonomi Islam. Yogyakarta: Ekonisia.

Kamalia. (2011). Mekanisme Penetapan Harga Dalam Pandangan Ekonomi Islam (Studi Kasus Pedagang Asongan Di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru). Riau: UIN Sultan Syarih Kasim.

Karim, Adiwarman. (2008). Ekonomi Mikro Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Manan, Muhammad Abdul. (1995). Teori dan Praktek Ekonomi Islam. Yogyakarta: PT Verisia Yogya Grafika.

Muhammad, Yusril Haidar. (2017). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Gas LPG 3 Kg Melebihi Harga Enceran Tertinggi (Het) Di Desa Gandusari Kabupaten Blitar. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Nawati Uha, Ismail. (2012). Bisnis Syariah. Jakarta: CV Dwiputra Pustaka Jaya.

Ningsih, Avilia Fiddyan. (2017). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 541/15 Tahun 2015 Tentang Penetapan Harga Jual Gas LPG 3 Kg Di Kota Semarang. Semarang: UIN Wali Songo Semarang.

Nuryadin, Muhammad Birusman. (2007). Harga Dalam Perspektif Islam. Samarinda: STAIN Samarinda. ( Jurnal Mazahib Vol.4 No.1)

Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 95 Tahun 2014 Tentang Harga Enceran Tertinggi LPG Tabung 3 Kg Di Tingkat Pangkalan.

Qardhawi, Yusuf. (2003). Halal dan Haram dalam Islam. Surabaya: PT Bina Ilmu.

Rachman, Benny. Dkk. (2019). Implikasi Kebijakan Harga Enceran Tertinggi Beras Terhadap Profitabilitas Usaha Tani Padi Dan Harga, Kualitas, Serta Serapan Beras. Jakarta: PSEKP.

Rozalinda. (2016). Fikih Ekonomi Syariah Dan Implementasinya Pada Sektor Keuangan Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Sabiq, Sayid. (2004). Fiqih Sunnah. Bandung: Alma’arif

Santoso, Edi. (2018). Penetapan Harga LPG 3 Kg Dalam Peraturan Gubernur Jawa Timur No. 6 Tahun 2015 Perspektif Ibn Taymiyah. Ponorogo: IAIN Ponorogo.

Siswardi. (2013). Jual Beli Dalam Perspektif Islam. Lamongan: STAIN Raden Qosim(Jurnal Ummu Quro Vol III, No. 2, Agustus 2013).

Suhendi, Hendi. (2011). Fikih Muamalah. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sukirno, Sudono. (2006). Pengantar Bisnis. Jakarta: Kencana.

Swasta, Batsu, Dkk. (2005). Manajemen Pemasaran Modren. Jogjakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran. Jogjakarta: Andi.

Undang-Undang Dasar RI Nomor 104 Tahun 2007 Tentang Penyediaan, Pendistribusian, Dan Penetapan Harga LPG Tabung 3 Kg.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jisrah.v2i1.2872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yogie Handarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Indexed by:

 

 

 

JISRAH: Jurnal Integrasi Ilmu Syariah

ISSN 2775-3557 (Online) and 2775-1783 (Print)

Published by Institut Agama Islam Negeri Batusangkar

Email: jisrah@iainbatusangkar.ac.id

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

View My Stats