STRATEGI PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTELEKTUAL SISWA DI PERPUSTAKAAN SMAN 1 KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Mardhatillah Mardhatillah

Abstract


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah strategi pustakawan dalam meningkatkan kemampuan intelektual siswa di perpustakaan SMAN 1 Kecamatan Guguak dan keterbatasan yang dihadapi oleh pustakawan dalam meningkatkan kemampuan intelektual siswa dan yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan intelektual siswa di Perpustakaan SMAN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan intelektual siswa, untuk mengetahui strategi pustakawan dalam meningkatkan kemampuan intelektual siswa dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi pustakawan dalam meningkatkan kemmapuan intelektual siswa.

 Jenis penelitian ini dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif, sehingga data yang diperoleh dari informan penelitian ini dilakukan dengan teknik snowball sampling dengan informan 1 orang kepala perpustakaan sebagai informan utama, 1 informan pustakawan bidang pengelola, 1

informan pustakawan bidang administrasi dan 1 informan pustakawan bidang layanan sirkulasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah teknik penyajian data, reduksi data, penampilan data dan penarikan kesimpulan. Kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah dan memaparkan melalui kalimat yang efektif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pustakawan dalam meningkatkan kemampuan intelektual siswa di perpustakaan SMAN 1 Kecamatan Guguak sudah baik. Adapun strategi-strategi yang dilakukan oleh pustakawan di SMAN 1 Kecamatan Guguak seperti meningkatkan pengembangan diri terhadap minat baca siswa, menumbuhkan minat baca, siswa harus meningkatkan ilmu pengetahuannya dengan banyak membaca dan memfilter perkembangan zaman yang diikuti. Dan adapun kendala dalam yang dihadapi penambahan bahan-bahan koleksi perpustakaan, penambahan pustakawan, sistem masih manual, penambahan anggaran untuk perpustakaan dan peningkatan fasilitas perpustakaan.

Kata Kunci : Strategi, Pustakawan, Kemampuan Intelektual, Perpustakaan.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2011. Prosedur penelitian :suatu pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta .

Astuti, R. J. 2017. Manajemen Knowledge: Implementasi Perguruan Tinggi. Yogyakarta.

Baderi. (2004). Pemasyaratan Perpustakaan dan Pembangunan Minat Baca/Gemar Membaca. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Chandler. (1962). Manajemen Strategis dalam Bisnis. Yogyakarta: CV. Diandra Primamitra Media.

Damin. (2007). Inovasi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.

Darmono. 2011. Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Darmono. (2007). Menjadi Pintar: Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Malang: UM Press.

Depdikbud. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Drs.Ibrahim Bafadal, M. 2001. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriani. 2017.Strategi Pustakawan dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di Pepustakaan SMP Negeri 4 Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi Jurusan Ilmu Perpustakaan di Fakultas Adab & Humaniora UIN Makassar.

Gunarsa. (1991). Faktor Intelektual Anak. Jakarta: Rineka Cipta.

Handari. 2005.Manajemen Strategi Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. Yogyakarta: Gajamada University Press.

Hasugian. (2009). Dasar-Dasar Perpustakaan dan Informasi. Medan: USU Press.

Hastuti. (2019). Mengasah Kemampuan Intelektual Melalui Literasi Informasi Model Big 6™ :Integrasi Dengan Pembelajaran Model Berpikir Induktif. Jurnal Perpustakaan (1): 45-46.

Hermawan, R. 2010. Etika Kepustakawanan: Suatu Pendekatan Terhadap Profesi dan Kode Etik Pustakawan Indonesia. Jakarta: Agung Seto

Ibrahim, A. 2014. Pengantar Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan. Jakarta: Gunadarma Ilmu.

Indonesia, I. P. (2006). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga disertai Kode Etik Ikatan Pustakawan Indonesia . Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia.

Iskandarwassid. (2013). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharso. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta.

Kartosedono. (1998). Minat Membaca Siswa. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kurnia. (2012). Strategi Pembinaan Minat Baca Siswa Di Perpustakaan SMP Muhammadiyah Muntilan. Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Larasati. (1986). Membina Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Lasa. 2007. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus.

M.Yusuf. (2013). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Media Group.

Nasional, D. P. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Nasional, P. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia No 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta: Tamita Utama.

NS, S. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.

Nurhadi. (1998). Pembinaan Minat, Kebiasaan dan Budaya Baca. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Oemar. (2007). Proses Belajar. Jakarta: Buki Aksara

Pedoman Pembinaan Minat Baca. (2002). Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Prastowo. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Qalayubi. (2007). Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rahayuningsih. (2007). Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saleh, A. I. (2006). Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT.Hida Karya Agung.

Santana, K. 2007. Menulis Ilmiah Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sarwono. (2006). Pelaksanaan Perpustakaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sinaga. (2011). Mengolah Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana.

Sjahrial. (2000). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Jakarta: Djambatan.

Robbins, S. P. (2014). Perilaku Organisasi. Salemba Empat

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarsono, B. 2009. Pustakawan Cinta dan Teknologi . Jakarta: Sagung Seto.

Sudarsono. (2007). Literasi Informasi ( Information Literacy ) . Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Sugihartati. (2010). Kegunaan Minat Membaca. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharni. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling (3): 131-145.

Suherman. (2009). Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah: referensi pengelolaan perpustakaan sekolah. Bandung: MQS Publishing.

Siregar. (2004). Urgensi Perpustakaan untuk menunjang Sukses Belajar Mengajar di Lingkungan Sekolah. Medan: USU Press.

Sulistyo-Basuki. (Pengantar Ilmu Perpustakaan ). 1991. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumiati. (2011). Materi Pokok Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Supriyanto. 2006. Peran Perpustakaan dan Pustakawan dalam Meningkatkan Minat dan Budaya Baca. Jakarta: Tribun.

Suryana. (1977). Membina Perpustakaan Sekolah: pengantar teori dan praktek. Bandung: Ganaco.

Syah. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali.

Syaiful. (2005). Gemar Membaca Pada Anak. Edukasi No 03.2005.

Syihabudin. (2007). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab.

Wartha. (2006). Penelitian Kualitatif Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wicaksono. (2016). Model Berfikir Induktif : Analisis Proses Kognitif Dalam Model Berfikir Induktif . Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 193-1999

Widiastuti, I. (1999). Analisis SWOT Sebagai Dasar. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v2i1.8738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mardhatillah - Ipii

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPIS content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries

Indexed By:

   


 

Lisensi Creative Commons

JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional