THE EFFECT OF SERVICE QUALITY ON STUDENT VISIT INTEREST TO THE LIBRARY OF UIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR

Tri Yuliani

Abstract


This study deals with the effect of service quality on the interest of students visiting the library of UIN Mahmud Yunus Batusangkar. The purpose of this study was to see whether there was a significant effect of service quality on student interest in visiting the library. This type of research is survey research with a quantitative approach. The instrument used to collect data is a closed questionnaire with a Likert scale. Alternative answers are “strongly agree, agree, undecided, disagree and strongly disagree”. Analysis of the data used is simple regression. The results of this study indicate that there is a significant effect between service quality on student visitation interest where the results of statistical calculations show that 27.4% and 72.6% of other factors. This means that the quality of service has a positive influence on the interest in student visits, which is 27.4%, then the interest in student visits is influenced by other factors.

Keywords: Library Service Quality, Visiting Interests, Libraries


Keywords


Library Service Quality, Visiting Interests, Libraries

Full Text:

PDF

References


Afrizawati. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca

dan Intensitas Kunjungan Mahasiswa Pada Perpustakaan Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius) 4(01):16-23.

Arikunto Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Achmad et al. 2012. Layanan cinta: Perwujudan layanan prima perpustakaan. Jakarta,Sagung Seto.

Buku Pedoman Pememfaatan Perpustakaan STAIN Batusangkar.

Dewi Cahyani Purwaningsih. Skripsi, Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas XI Di Perpustakaan Smk N 1 Kendal,7101411085.pdf, diakses tanggal 08 Juli 2017

Faizal, Sanafiah. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya:Usaha Nasional

Fatmawati, Endang. 2013. Mata Baru Penelitian Perpustakaan dari SERVQUAL ke LIBQUAL. Jakarta

Fransisca, Devy. Skripsi, Motivasi Kunjungan Pada Perpustakaan Umum, pdf, diakses tanggal 13 November 2017

Frediyanto Doni. Skripsi, Pengaruh Fasilitas Perpustakaan dan Pelayanan Pustakawaan Terhadap Minat Baca Masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Boyolali, K7407061

Habir. 2015. Skripsi, Pengaruh Layanan Perpustakaan terhadap minat kunjung pemustaka di Perpustakaan Stikes Mega Rezky Makassar, Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 3(2), 156-157

Haloho, Adelina Romauli. (2008). Hubungan Tingkat Kunjungan Perpustakaan dan Minat Baca dengan Prestasi Belajar. Skripsi. Yogyakarta: FKIP USD

Hartono. 2016. Manajemen Sumber Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Calpulis

Hartono. 2016. Kompetensi Pustakawan Profesional. Yogyakarya: Calpulis

Haryono, T. 1998. Kriteria Pelayanan Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan Pertanian

Ibrahim Bafadal. 1996. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara

Imran Berawi. Skripsi, Mengenal Lebih Dekat Perpustakaan Perguruan Tinggi, 2012

Irma Indayu Oumar, Panduan Mengurus Perpustakaan, (Malaysia, PTS Professional Publishing Sdn. Bhd. 2005

Tony Nawawi & Ida Puspitowati. 2015 Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan fasilitas

Perpustakaan Sebagai Prediktor Terhadap Kepuasan Civitas Akademika Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Di Jakarta. Jurnal Ekonomi xx (2) : 320-334

Rahayuningsih, F. 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Rahayuningsih, Fransisca. 2015. Mengukur Kepuasan Pemustaka. Yogyakarta:

Ruko Jambusari

Rambat, Lupiyadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa:Teori dan Praktek. Jakarta, Salemba Empat

Rifai Agus. 2014. Perpustakaan Islam, Jakarta: Rajawali Pers

Roh Fitri Ningrum. Naskah Publikasi, Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta, (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012)

Saleh, Abdur Rahman-Muhbid Abdul Wahad. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta:Kencana

Slameto.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta : ineka Cipta, 2003.

Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan masyarakat, Jakarta: yayasan obor Indonesia,

Sutarno. 2007. Manajemen Perpustakaan. Sagung Seto: Jakarta

Solomon, Michael R. 2009. Consumer Behavior : Buying, Having and Being. 8th Edition New Jersey: Pearson

Standar Nasional Perpustakaan 2011

Sudirman, A.M. 2003 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suwarno, Wiji. 2009. Psikologi Perpustakaan, Jakarta: CV Sagung Seto

Suwarno, Wiji. 2014. Perpustakaan dan buku, Jogjakarta: Ar-Ruzz media

Suwarno, Wiji. 2015. Ilmu Perpustakaan dan Kode Etik Perpustakaan, Jogjakarta: Ar-Ruzz media

Suwarno, Wiji. 2016. Organisasi Informasi Perpustakaan, Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Bandung, Alfabeta

Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan tahun 2009, (Jakarta Timur: CV Tamita Utama, 2009

Undang-Undang Dasar tahun 1945 alinea ke-4,pdf, di akses tanggal 25 Juni 2016

Yusup, M Pawit.1991. Mengenal Dunia Perptustakaan dan Informasi. Bandung: Rinekacipta

Yusup, Pawit M. 2016. Ilmu Informasi Komunikasi dan Kepustakaan. Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v1i2.7440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tri Yuliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPIS content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries

Indexed By:

   


 

Lisensi Creative Commons

JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional