THE EFFECT OF SERVICE QUALITY ON STUDENT VISIT INTEREST TO THE LIBRARY OF UIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR
Abstract
This study deals with the effect of service quality on the interest of students visiting the library of UIN Mahmud Yunus Batusangkar. The purpose of this study was to see whether there was a significant effect of service quality on student interest in visiting the library. This type of research is survey research with a quantitative approach. The instrument used to collect data is a closed questionnaire with a Likert scale. Alternative answers are “strongly agree, agree, undecided, disagree and strongly disagree”. Analysis of the data used is simple regression. The results of this study indicate that there is a significant effect between service quality on student visitation interest where the results of statistical calculations show that 27.4% and 72.6% of other factors. This means that the quality of service has a positive influence on the interest in student visits, which is 27.4%, then the interest in student visits is influenced by other factors.
Keywords: Library Service Quality, Visiting Interests, Libraries
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizawati. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Perpustakaan Terhadap Minat Baca
dan Intensitas Kunjungan Mahasiswa Pada Perpustakaan Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius) 4(01):16-23.
Arikunto Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Achmad et al. 2012. Layanan cinta: Perwujudan layanan prima perpustakaan. Jakarta,Sagung Seto.
Buku Pedoman Pememfaatan Perpustakaan STAIN Batusangkar.
Dewi Cahyani Purwaningsih. Skripsi, Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan Pelayanan Perpustakaan Terhadap Minat Membaca Siswa Kelas XI Di Perpustakaan Smk N 1 Kendal,7101411085.pdf, diakses tanggal 08 Juli 2017
Faizal, Sanafiah. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya:Usaha Nasional
Fatmawati, Endang. 2013. Mata Baru Penelitian Perpustakaan dari SERVQUAL ke LIBQUAL. Jakarta
Fransisca, Devy. Skripsi, Motivasi Kunjungan Pada Perpustakaan Umum, pdf, diakses tanggal 13 November 2017
Frediyanto Doni. Skripsi, Pengaruh Fasilitas Perpustakaan dan Pelayanan Pustakawaan Terhadap Minat Baca Masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Boyolali, K7407061
Habir. 2015. Skripsi, Pengaruh Layanan Perpustakaan terhadap minat kunjung pemustaka di Perpustakaan Stikes Mega Rezky Makassar, Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 3(2), 156-157
Haloho, Adelina Romauli. (2008). Hubungan Tingkat Kunjungan Perpustakaan dan Minat Baca dengan Prestasi Belajar. Skripsi. Yogyakarta: FKIP USD
Hartono. 2016. Manajemen Sumber Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Calpulis
Hartono. 2016. Kompetensi Pustakawan Profesional. Yogyakarya: Calpulis
Haryono, T. 1998. Kriteria Pelayanan Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan Pertanian
Ibrahim Bafadal. 1996. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara
Imran Berawi. Skripsi, Mengenal Lebih Dekat Perpustakaan Perguruan Tinggi, 2012
Irma Indayu Oumar, Panduan Mengurus Perpustakaan, (Malaysia, PTS Professional Publishing Sdn. Bhd. 2005
Tony Nawawi & Ida Puspitowati. 2015 Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan fasilitas
Perpustakaan Sebagai Prediktor Terhadap Kepuasan Civitas Akademika Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Di Jakarta. Jurnal Ekonomi xx (2) : 320-334
Rahayuningsih, F. 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Rahayuningsih, Fransisca. 2015. Mengukur Kepuasan Pemustaka. Yogyakarta:
Ruko Jambusari
Rambat, Lupiyadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa:Teori dan Praktek. Jakarta, Salemba Empat
Rifai Agus. 2014. Perpustakaan Islam, Jakarta: Rajawali Pers
Roh Fitri Ningrum. Naskah Publikasi, Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta, (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012)
Saleh, Abdur Rahman-Muhbid Abdul Wahad. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta:Kencana
Slameto.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta : ineka Cipta, 2003.
Sutarno NS. 2003. Perpustakaan dan masyarakat, Jakarta: yayasan obor Indonesia,
Sutarno. 2007. Manajemen Perpustakaan. Sagung Seto: Jakarta
Solomon, Michael R. 2009. Consumer Behavior : Buying, Having and Being. 8th Edition New Jersey: Pearson
Standar Nasional Perpustakaan 2011
Sudirman, A.M. 2003 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suwarno, Wiji. 2009. Psikologi Perpustakaan, Jakarta: CV Sagung Seto
Suwarno, Wiji. 2014. Perpustakaan dan buku, Jogjakarta: Ar-Ruzz media
Suwarno, Wiji. 2015. Ilmu Perpustakaan dan Kode Etik Perpustakaan, Jogjakarta: Ar-Ruzz media
Suwarno, Wiji. 2016. Organisasi Informasi Perpustakaan, Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Bandung, Alfabeta
Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan tahun 2009, (Jakarta Timur: CV Tamita Utama, 2009
Undang-Undang Dasar tahun 1945 alinea ke-4,pdf, di akses tanggal 25 Juni 2016
Yusup, M Pawit.1991. Mengenal Dunia Perptustakaan dan Informasi. Bandung: Rinekacipta
Yusup, Pawit M. 2016. Ilmu Informasi Komunikasi dan Kepustakaan. Jakarta: PT Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v1i2.7440
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Tri Yuliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JIPIS content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries
Indexed By:
JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional