Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Menggunakan Metode LibQual+TM di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sijunjung

Siska Siska, Yanti Mulia Roza

Abstract


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kualitas layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sijunjung masih kurang dari segi Sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, serta bahan koleksi perpustakaan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sijunjung berdasarkan 3 dimensi LibQual+TM, yaitu Service Affect, Library as Place dan Information Control. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sijunjung dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitiannya. Kuesioner disebarkan kepada 95 responden dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif dengan cara mendeskripsikan data kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti mendapatkan hasil bahwa 1) kualitas layanan berdasarkan dimensi Service Affect, pemustaka cukup puas dengan kinerja pustakawan yang telah melebihi harapan minimal pemustaka sehingga pemustaka tertarik berkunjung ke perpustakaan, akan tetapi belum dapat memenuhi harapan yang diinginkan pemustaka; 2) kualitas layanan perpustakaan dari dimensi Library As Place, pemustaka belum puas terhadap sarana dan prasarana yang ada di Perpustakaan Umum Daerah Sijunjung karena belum memenuhi harapan minimal dari pemustaka, akan tetapi ada beberapa aspek yang dapat ditoleransi oleh pemustaka serta pada dimensi ini belum memenuhi harapan ideal pemustaka; dan 3) kualitas layanan perpustakaan berdasarkan dimensi Information Control, pemustaka belum puas terhadap akses informasi yang ada di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sijunjung karena belum memenuhi harapan minimal dan harapan sesungguhnya yang dinginkan oleh pemustaka, oleh karena itu dibutuhkan perbaikan agar pemustaka merasa tertarik berkunjung ke perpustakaan.Kata Kunci: Kualitas Layanan, Metode LibQual+TM, Perpustakaan Umum

Full Text:

PDF

References


Fatmawati. (2012). Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan FEB UNDIP Berdasarkan Harapan dan Persepsi Pemustaka dengan Metode Libqual. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 1-18.

Fatmawati, E. (2013). Matabaru Penelitian Perpustakaan Dari Servqual Ke Libqual+TM . Jakarta: Sagung Seto.

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah; Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Komalasari., A. R. (2014). Pengertian Perpustakaan Dan Dasar-Dasar Manajemen Perpustakaan. . manajemen perpustakaan, 1-45.

Kusuma, A. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Referensi Menggunakan Libqual Terhadap Kepuasan Pengguna di Perpustakaan Universitas Kristen Petra Surabaya. Skripsi, 1-22.

Mawaddah, I. (2016). Menuju Perpustakaan Ideal. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 151-164.

Muhsin, W. S. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius.

Parasuraman,A., V.A. Zeithmal & LL.L. Berry. (1985). A Conceptual Model of Service Quality & its Implications for Future Research. Journal of Marketing 40 (Autum): 41-50.

Rahayuningsih, F. (2015). Mengukur Kepuasan Pemustaka: menggunakan Metode Libqual+TM. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Virgia, M. (2016). Peran Promosi Terhadap Pemanfaatan Sumber Informasi Perpustakaan Kementerian Sosial Republik Indonesia. Skripsi. 1-176.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v1i2.6669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 siska junia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPIS content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries

Indexed By:

   


 

Lisensi Creative Commons

JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional