Manajemen Pelestarian Bahan Pustaka Pada Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar

Elfa Yunita, Yuldelasharmi Yuldelasharmi, Muhammad Fadhli

Abstract


Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah manajemen pelestarian bahan pustaka pada Perpustakaan IAIN Batusangkar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan penerapan fungsi manajemen pelestarian bahan pustaka dan upaya mengatasi kendala kegiatan pelestarian bahan pustaka pada Perpustakaan IAIN Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat efektif. Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa manajemen pelestarian bahan pustaka merupakan tindakan sistematis dengan merujuk pada fungsi manajemen yakni POAC. Kegiatan pelestarian bahan pustaka yang dilakukan pustakawan adalah tindakan pencegahan (preventif) dan tindakan perbaikan (kuratif). Tindakan preventif dapat dilakukan dengan cara membersihkan ruangan perpustakaan, membersihkan debu pada koleksi, memasang AC, fumigasi dan memberi bimbingan kepada pemustaka. Sementara, tindakan kuratif merupakan tindakan penanganan bahan pustaka yang telah mengalami kerusakan. Kegiatan pelestarian bahan pustaka yang dilakukan sesuai dengan tingkat kerusakan yaitu kerusakan ringan, sedang dan berat. Pelestarian bahan pustaka telah berjalan sesuai dengan fungsi manajemen tetapi masih ada kendala yang dihadapi seperti kurangnya SDM serta sarana dan prasarana, kemudian kurangnya anggaran sehingga menghambat proses kegiatan pelestarian bahan pustaka.


Full Text:

PDF

References


Al-Jazairi, Syaikh Abu Bakar Jabir. 2017. Tafsir Al-Qur’an Al-Aishar Jilid 5. Jakarta: Darus Sunnah

Darwanto, A.K Tri Utami, dan N.Gusniawati. 2015. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Al-Qur’an, surat Ar Rum ayat 41. Departemen RI. Semarang : PT Karya Toha Putra.

Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Professional: Dasar-dasar Teori Perpustakaan dan Aplikasinya. Jakarta: Sagung Seto.

Karmidi, Martoatmodjo. 2014. Pelestarian Bahan Pustaka. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Republik Indonesia. 2014. UndangUndang RI No.43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Rahmah, Elva, Marliani, Gustina Erlianti. 2019. Manajemen Perpustakaan: Penerapan TQM dan CRM. Depok: Rajawali Pers.

Rahmah, Elva, Testiani Makmur. 2015. Kebijakan sumber Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Wirayanti, M.A, E.S Ayu dan A. Riyadi. 2013. Pedoman teknis preventif konservasi: Pengendalian Serangga dan Jenis Biota Lainnya. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPIS: ilmu perpustakaan, komunikasi ilmiah perpustakaan, informasi dan teknologi perpustakaan, kearsipan dan dokumentasi, perpustakaan digital, manajemen perpustakaan, knowledge manajemen, literasi digital dan informasi, layanan informasi di perpustakaan

Indexed By:

 

 

 

View My Stats

Lisensi Creative Commons

JIPIS: ilmu perpustakaan, komunikasi ilmiah perpustakaan, informasi dan teknologi perpustakaan, kearsipan dan dokumentasi, perpustakaan digital, manajemen perpustakaan, knowledge manajemen, literasi digital dan informasi, layanan informasi di perpustakaan distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional