PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA BERDASARKAN ISAK NOMOR 35 (Studi pada Masjid Nurul Iman Tabek Nagari Banja Loweh Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota)

Nurkamila Dewi, Desi Farina

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan masjid Nurul Iman Tabek yang menyajikan laporan keuangan berupa kas masuk dan kas keluar secara manual. Tujuan penelitian ini ialah untuk menyusun laporan keuangan masjid Nurul Iman Tabek berdasarkan ISAK nomor 35 tentang penyajian laporan keuangan organisasi berorientasi non laba. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam menganalisis data, diimplementasikan siklus akuntansi yang akan menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan ISAK 35 yaitu Laporan Penghasilan Komprehensif, Laporan Perubahan Aset Neto, Laporan Posisi Keuangan, Laporan Arus Kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masjid Nurul Iman Tabek menyajikan laporan keuangan berupa kas masuk dan kas keluar bersifat manual berupa tulis tangan yang belum sesuai dengan penyajian yang diatur dalam ISAK nomor 35. Laporan keuangan masjid Nurul Iman Tabek yang telah disusun oleh penulis berdasarkan ISAK 35 menyajikan lima laporan keuangan yaitu Laporan Penghasilan Komprehenshif, Laporan Perubahan Aset Neto, Laporan Posisi Keuangan, Laporan Arus Kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan.


Full Text:

PDF

References


Lasfita, Nofi dan Muslimin. 2020. Penerapan ISAK NO. 35 pada Organisasi Keagmaan Masjid Al-Mabrur Sukolio Surabaya. Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik, 1(1), 63-68.Marina, Anna, dkk. 2019. Sistem Informasi Akuntansi: Dengan Pengenalan Sistem Informasi Akuntansi Syariah. Depok : PT Raja Grafindo.

Martani, Dwi dkk. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

Qadri, Resi Ariyasa. 2019. Dinamika Institusional dalam Implementasi Standar Akuntansi Entitas Nirlaba pada Masjid. Sumber Artikel Akuntansi Auditing dan Keuangan Vokasi, 3(2), 167-188.

SAK Ikatan Akuntansi Indonesia Online. ISAK 35. Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nonlaba per 1 Januari 2020. Jakarta.

Sitompul, Mhd. Syahman, dkk. 2015. Akuntansi Masjid. Medan : FEBI UIN-SU Press

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhayati, Jonathan dan Ely Suhayati. 2014. Riset Akuntansi Menggunakan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Warren, Carl S, dkk. 2019. Pengantar Akuntansi I - Adaptasi Indonesia. Jakarta : Graha Ilmu

Yenti, Elfina dan Frida Amelia. 2018. Akuntansi Keuangan Menengah Berdasarkan PSAK Berbasis IFRS. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jaksya.v2i1.5042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurkamila Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING BY :

  

Web Analytics

View My Stats Jaksya