AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI KEUANGAN DI YAYASAN PENDIDIKAN DAN DAKWAH ISLAM WIHDATUL UMMAH QURRATA A’YUN BATUSANGKAR

Diatul Fajri, Rizal Rizal, Nofrivul Nofrivul

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami implementasi dari prinsip akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan Yayasan Pendidikan dan Dakwah Islam Wihdatul Ummah Qurrata A’yun (YPDI-WU-QA) Batusangkar serta pandangan Stakeholders terhadap penggelolaan (YPDI-WU-QA) Batusangkar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Yayasan Pendidikan dan Dakwah Islam Wihdatul Ummah Qurrata A’yun Batusangkar telah melaksanakan akuntabilitas dalam pengelolaan dana sesuai dengan indikator yang dikembangkan, baik akuntabilitas hukum dan kejujuran, akuntabilitas manajerial, akuntabilitas program, akuntabilitas kebijakan, dan akuntabilitas finansial. Transparansi yang dilakukan oleh Yayasan Pendidikan dan Dakwah Islam Wihdatul Ummah Qurrata A’yun Batusangkar belum sepenuhnya menerapkan prinsip transparansi. Saat ini, dari 6 (enam) indikator prinsip transparansi terdapat 3 (tiga) indikator prinsip transparansi yang belum dilaksanakan sepenuhnya oleh Yayasan Pendidikan dan Dakwah Islam Wihdatul Ummah Qurrata A’yun Batusangkar yaitu laporan keuangan yayasan belum pernah dipublikasikan melalui media masa. Belum ada laporan berkala mengenai pendayagunaan sumber daya yang dapat diakses oleh umum. Serta belum mempunyai website sendiri. Stakeholders percaya bahwa pengurus yang ada di yayasan cukup baik dalam penggelolaan yayasan serta Stakeholders percaya memberikan sumbangan dan dana wakaf kepada Yayasan Wihdatul Ummah Qurrata A’yun Batusangkar karena profil pengurus yayasan yang kredibel atau taat melaksanakan perintah Agama Islam.


Full Text:

PDF

References


Adrianto, N. (2007). Good e-Government: Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui e-Government. Malang: Bayumedia Publishing.

Albugis, F. F. (2016). Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Dalam Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol.4 No.3 ISSN 2303-1174 September.

Benawan, dkk. (2018). Pengaruh Pengawasan, Akuntablitas Dan Transparansi Keuangan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan). Jurnal Riset Going Concern 13 (3).

Coryanata, I. (2012). Akuntabilitas, Patisipasi Masyarakat Dan Transparansi Kebijakan Publik Sebagai Pemoderasi Hubungan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Dan Pengawasan Keuangan Daerah. Jurnal Akuntansi dan Investasi Vol.12., No. 2 Juli, 110-125.

Halim dan Kusufi. (2012). Teori, Konsep, dan Aplikasi Akuntansi Sewktor Publik. Dari Anggaran Hingga Laporan Keuangan, Dari Pemerintah Hingga Tempat Ibadah. Jakarta: Salemba Empat.

Halim dan Kusufi. (2014). Teori, Konsep, dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik. Dari Anggaran Hingga Laporan Keuangan, Dari Pemerintah Hingga Tempat Ibadah. Jakarta: Salemba Empat.

IAI. (2010). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 45 Akuntansi Sektor Publik

Jubaedah., dkk. (2008). Model Pengukuran Pelaksanaan Good Governance di Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Bandung: PKP2AI LAN.

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STI Manajemen YKPN.

Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Maries., dkk. (2017). Menelaah Transparansi dan Akuntabilitas Penggelolaan Keuangan Pada Yayasan Pendidikan Full Day Mardlatillah Singaraja. e-Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 7., No. 1.

Nainggolan, P. (2005). Akuntansi Keuangan Yayasan dan Lembaga Nirlaba Sejenis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nasim dan Romdhon. (2016). Pengaruh Transparansi Laporan Keuangan, Pengelolaan Zakat, dan Sikap Pengelola Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki (Studi Kasus Pada Lembaga Amil Zakat Di Kota Bandung). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol. 2., No. 3, 601.

Putri., dkk. (2016). Implementasi Akuntabilitas Pada Organisasi Pengelola Zakat (Studi Kasus: BAZNAS Kabupaten Agam). Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol. 11, No.2

Setia, R. (2016). Akuntabilitas Pendidikan Islam. I'TIBAR., Vol. 03., No. 06 , 71-85.

Simamora, Y. S. (2012). Karakteristik, Pengelolan dan Pemeriksaan Badan Hukum Yayasan di Indonesia. Jurnal RechtsVinding Media Pembinaan Hukum Nasional. Volume 1 Nomor 2.

Sukmawati dan Nurfitriani. (2019). Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal, dan UMKM. Vol.2, No.1, Juni.

Sutedi, A. (2012). Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 Tentang Yayasan

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik

Waluyo. (2007). Manajemen Publik. Bandung: Mandar Maju.

Yulianto dan Krista. (2006). Pengantar Bisnis Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Zulfahmi., dkk. (2016). Analisis Akuntabilitas Keuangan pada Kantor Kementrian Agama Dalam Wilayah Provinsi Aceh. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi. Vol. 9, No.2, ISSN 1693-3397 Juli.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JAkSya