ANALISIS PENYAJIAN PSAK 101 PADA LAPORAN KEUANGAN PT. BPRS MENTARI PASAMAN SAIYO

Frida Amelia, Marzuki Rahmad, Muhammad Deni Putra

Abstract


Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana penyajian PSAK 101 pada laporan keuangan PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo. Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kepatuhan bank syariah dalam menyajikan PSAK 101 terhadap laporan keuangan PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif yaitu menganalisis penyajian laporan keuangan PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo dengan pendekatan PSAK 101 tentang Penyajian Laporan Keuangan Syariah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder berupa laporan keuangan yang disajikan oleh PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo.

Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo belum sepenuhnya mennyajikan PSAK 101 pada laporan keuangannya, dikarenakan PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo dalam menyajian laporan keuangannya masih terdapat perbedaan penyajian antara laporan keuangan PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo dengan PSAK 101 tentang Penyajin Laporan Keuangan Syariah seperti, PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo belum menyajikan pendapatan margin murabahah dalam laporan posisi keuangan maupun dalam catatatan atas laporan keuangannya namum bisa kita temui dalam laporan Neraca Harian yang seharusnya PT. BPRS menyajikannya dalam Laporan Posisi Keuangan.

Dengan penelitian ini, diharapkan PT. BPRS Mentari Pasaman Saiyo mennyajian laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 101 tentang Penyajian Laporan Keuangan Syariah.


Full Text:

PDF

References


Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2016. Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah. Standar Akuntansi Keuangan Syariah Efektif Per 1 Januari 2017. DSAK-IAI. Jakarta

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2016. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 101; Penyajian Laporan keuangan Syariah. Standar Akuntansi Keuangan Syariah Efektif Per 1 Januari 2017. DSAK-IAI. Jakarta

Martani, D. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Salemba Empat. Jakarta

Mauludi, A. 2014. Akuntansi Syariah; Pendekatan Normatif, Historis, dan Aplikatif. Jurnal Istiqhadia 1 (1): 60-75

Muhammad. 2010. Menajemen Keuangan Syriah; Analisis Fiqh dan Keuangan. Bumi Aksara. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JAkSya