Syifa` dalam Perspektif Alquran

Musri Sukmal, Syamsuwir Syamsuwir, Inong Satriadi

Abstract


Abstrak: Pokok permasalahan dalam penelitian ini Metode pengobatan yang terjadi di tengah masyarakat yang masih menggunakan cara dan sumber obat yang haram dalam pengobatan ketika terpapar suatu penyakit. Hal ini jelas bertentangan dengan sabda Nabi Saw  yang melarang umatnya berobat dengan menggunakan sesuatu yang haram, baik media ataupun cara berobat.

 

Tujuan pembahasan ini adalah demi mengetahui dan menjelaskan bentuk pengobatan islami berdasarkan ayat-ayat Alquran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah konten analisis. Sedangkan metode pengumpul data yang digunakan ialah metode tafsir tematik (maudhu`i). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah ayat-ayat Alquran yang berkaitan dengan Syifa`,

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam  Alquran terdapat obat penawar (Syifa`) bagi segala bentuk penyakit orang-orang beriman. Baik itu penyakit yang terdapat dalam hati (ruhani) manusia maupun penyakit fisik (raga). Adapun cara mencegah penyakit dengan Alquran dilakukan dengan metode Neurofisiologi Alquran yaitu mendengarkan bacaan Alquran, baik yang dibaca sendiri maupun yang dibacakan orang lain dan dengan metode releksasi transendensi yaitu releksasi jiwa dengan membaca Alquran . Sedangkan cara penerapan ayat Alquran sebagai obat yaitu dengan beberapa metode yaitu pertama: ruqyah, dengan cara membacakan ayat-ayat ruqyah pada penderita yang sakit. Kedua: memperbanyak zikir pada Allah. Ketiga: mengikuti petunjuk Alquran. Keempat: memperbanyak berdoa kepada Allah. 


Keywords


syifa` Alquran, Obat, dawa`

References


al-Farmawi, Abd Al-Hayy. 1997. Metode Tafsir Maudhu`i Sebuah Pengantar. Judul Asli “Al-Bidayah Fi al-Tafsir al-Mawdhu`iy Dirasah Manhajiah Mawdhu`iyah”. Terjemah oleh Suryan A. Jamrah Jakarta: Raja Grapindo Pesada.

Ali, Syamsuri. 2015. Pengobatan Alternatif dalam Perspektif Hukum Islam: Ejurnal.Radenintan.ac.id.vol. XII (4).

al-Qarni, `Aidh. 2008. Tafsir Muyassar. Judul Asli “At-Tafsir Al-Muyassar”. Terjemah Tim Qisthi Perss. Jakarta: Qisthi Press.

Ash-Shiddieqiy, Tengku Muhammad Hasbi. 2011. Tafsir Alqurannul Majid An-Nur. Jakarta: Cakrawala publishing.

Halim, Samir Abdul. 2015. Ensiklopedi Sains Islam Biologi I. Tenggerang: Kamil Pustaka.

Katsir, Ibni. 2008.Tafsir Ibnu Katsir. Judul Asli “Lubaabut Tafsir Min Ibni Katsir”, Mu-Assasah Dar Al-Hilal Kairo, Terjemahan M. `Abdul Ghafar E. M. Pustaka Asy-syafi`i: Jakarta.

Mahalli dan Suyuthi. 2006. Tafsir Jalalain. Judul Asli “Tafsir Jalalain” Terjemah, Bahrun Abubakar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset Bandung.

Nazir, Muhammad. 2003. Metode Penalitian. Jakarta: Pustaka Setia.

Quthb, Sayyid. 2001. Fi Zhilalil Quran Dibawah Naungan Alquran. “Fi Zhilalil Quran”. Darusy Syuruq. Bairut. Terjemahan oleh As`ad Yasin Dkk. 2008. Fizhilalil Quran. Gema Insani. Depok.

Sabil, Umi. 2015, Jaga Jantung Dengan Pembersihan Darah dan Usus. 13 September 2015.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.

Shihab, M. Quraish. 2012. Tafsir Al-misbah pesan, kesan dan keserasian Alquran. Jakarta: Lentera Hati.

Yunus,Mahmud. 2011. Tafsir Quran Karim. Pisangan Ciputat: PT. Mahmud Yunus Wa Dzurriyah.

Zaini, Hasan. dan Raudatul Hasnah. 2010. `Ulumul Alquran. Batusangkar: STAIN Batusangkar Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/istinarah.v1i2.1777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Musri sukmal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya

Indexed By:

         

 

 

 

View My Stats

 Lisensi Creative Commons

Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional