Analisis Semiotika Foto Berita di Rubrik “Pojok Gedung Sate” Bandungnewsphoto.com Edisi Jumat, 20 November 2015

Novrizon Marzal

Abstract


Berkembang pesatnya media massa saat ini membuat perusahaan media merubah orientasi mereka mengikuti keiinginan masyarakat yang ingin serbainstan. Bermunculanlah media online yang berorientasi kepada foto yang dilengkapi caption, inilah yang disebut foto berita. Foto dianggap “tidak dapat berbohong”, akan tetapi foto menyimpan makna dan pesan tertentu yang hendak disampaikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui makna denotatif, konotatif dan mitologi yang terkandung dalam foto berita rubrik “Pojok Gedung Sate” Bandungnewsphoto.com dengan metode penelitian kualitatif, dan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian, rubrik “Pojok Gedung Sate” memiliki makna yang beroperasi di dalamnya. Pertama, makna denotasi terlihat dari objek yang ditampilkan dan tanda yang muncul dari foto berita. Tanda yang terdapat dalam foto berita ini termasuk makna denotasi yang merupakan gambaran nyata apa adanya tanpa spesial efek dan editing yang berlebihan sehingga terkesan alami. Kedua, makna konotasi didapat dengan menganalisis foto berita melalui enam prosedur guna mendapatkan analisis yang relevan. Hasilnya, terdapat pengolahan yang wajar pada setiap foto berita. Ketiga, mitos yang beroperasi pada tanda dalam foto berita terlihat dari objek secara langsung atau apa yang ada dalam foto dan perluasan makna yang ditunjukkan pada makna konotasi sehingga menjadi mitos.


Keywords


Media, Foto Berita, Semiotika

References


Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Cetakan Pertama. Bandung: Citra Aidya Bakti.

Fiske, John. 1990. Introduction of communication Studies. Second Edition. London: Routkedge.

.2007. Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra

Hikmat, Mahi. 2011, Etika dan Hukum Pers, Cetakan Pertama, Bandung: Batic Press.

Muhtadi, Asep Saeful. 1993. Jurnalistik Pendekatan Teori Dan Praktik, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

.1999. Jurnalistik, Pendekatan Teori dan Praktik, Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Pratikno, Riyono. 1987. Berbagai Aspek Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sunardi, ST. 2002. Semiotika Negative. Yogyakarta : Kanal.

Wijaya, Taufan. 2011. Foto Jurnalistik: Dalam Dimensi Utuh. Klaten: CV Sahabat

Internet searching :

http://www.romelteamedia.com/2014/04/media-online-pengertian-dan.html, diakses tanggal 8 Desember 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/istinarah.v3i1.3357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Novrizon Marzal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya

Indexed By:

         

 

 

 

View My Stats

 Lisensi Creative Commons

Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional