Kronologis Kisah Nabi Adam As dalam Tafsir Ibn Katsir

Bustamar Bustamar, Fitri Yeni M Dalil

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berdasarkan  kisah Nabi Adam As yang berbagai fragmennya tersebar diberbagai surah dan ayat, menurut Ibn Katsir dalam Tafsir al-Qur`anul Adzim.

Tujuan dari pembahasan ini adalah mengetahui sekaligus menyusun kronologis narasi kisah Nabi Adam As dari proses awal penciptaannya hingga ia keluar dari surga.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan.  Untuk pengelolaan data penafsiran oleh Ibn Katsir digunakan pendekatan studi tokoh, konten analisis dan ilmu tafsir.

Dari kajian terhadap tafsir Ibn Katsir, kronologis kisah Nabi Adam As terbagi tiga, yaitu pertama, penciptaan Nabi Adam : ini diawali dari zat yang disebut تراب dan طين serta حمٰإ مسنون hingga menjadi صَلْصٰلٍ كَالْفَخَّار. Setelah itu ditiupkan roh, pada proses inilah malaikat diperintah sujud kepada Adam As namun iblis enggan untuk bersujud. Kedua kisah Adam As tinggal di surga dengan segala fasilitasnya. Pada kejadian ini istri Adam As (Hawa) diciptakan oleh Allah. Ketiga, kisah Adam As dan istrinya dilarang mendekati pohon kuldi, yang kemudian aturan tersebut dilanggar oleh Adam As dan istrinya yang mengakibatkan Adam As dan istrinya dikeluarkan dari surga. Menurut Ibn Katsir keluarnya Adam As dari surga ini dalam dua tahap pertama tahap turun ke langit dunia dan kedua tahap turun ke bumi.

Keywords


Kisah Nabi Adam As, Tafsir Ibn Katsir, Kronologis Kisah

References


Katsir, A. al-F. I. I. bin U. bin. (2017). Tafsir al-Qur`an al-Adzim Jilid 1,4, 6,7, 8. (A. dkk Hidayat, Ed.) (3rd ed.). Solo: Insan Kamil.

Nadim, M. (1945). Al-Mu’jam Al-Mufarras Li Alfazil Qur`an Al-Karim. Mesir: Darul Qutb.

Rofiqoh, A., & Ansori, I. H. (2017). Kisah-Kisah (Qasas) dalam Al-Qur`an Perspektif I’jaz. QOF, 1, 25–37.

Al-Farmawi, A. A.-H. (2002). Metode Tafsir Maudhu’i. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Maliki. (2018). Tafsir Ibn Katsir : Metode dan Bentuk Penafsirannya. El-Umdah (Jurnal Ilmu Al-Qur`an Dan Tafsir), 1(1), 74–86.

Najib, M. (2015). Kisah Nabi Adam As dalam al-Qur`an (Pendekatan Tafsir Tematik). AL-ITQAN, 1, 105–125.

Parhani, A. (2012). Adam As dalam Perspektif Hadits (Suatu Kajian Tematik Terhadap Hadits Adam Abu al-Basyar). Sulesana, 6, 71–72.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/istinarah.v2i1.1813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bustamar Bustamar, Fitri Yeni M Dalil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya

Indexed By:

     

 

 

 

View My Stats

 Lisensi Creative Commons

Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional