PERAN DIRECTOR OF PHOTOGRAPHY DALAM PEMBUATAN VIDEO PROFIL NAGARI KUMANIS

Tio Nofvlaminsyah, Syafriwaldi Syafriwaldi

Abstract


Penelitian ini dilihat dari peran Director of Photography pada video profil nagari kumanis. Peran director of photography dalam sebuah video sangat mendominasi dalam hal visualisasi. Namun teknik framing yang di lakukan oleh Director of Photography video profil belum menghasilkan video yang menarik. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa peran director of photography: (1) merancang story board, melakukan diskusi dengan assistant cameraman mengenai pembagian tugas tentang tipe-tipe shot. (2) mempersiapkan alat produksi yang dibutuhkan untuk pengambilan gambar. Teknik pengambilan gambar yang digunakan oleh director of photography adalah till down dan pan right pan left. Posisi kamera yang statis, untuk objek yang dinamis menggunakan hand held atau genggaman tangan. Jenis shot yang digunakan oleh director of photography adalah long shot, medium close up, close up dan big close up untuk memperjelas detail objek yang direkam. Kendala yang dihadapi director of photography adalah: (1) keterbatasan alat yang digunakan saat produksi, (2) Kurangnya pengetahuan assistant cameraman tentang teknik pengambilan gambar dan jenis-jenis shot serta komposisi dari setiap shot.

Keywords


director of photography, video profil, kumanis

References


Achmadi, A dan Cholid, N. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Adhiyanti, Eleonora. (2017). Implementasi dan Analisis Teknik Sinematografi pada Perancangan Pra Produksi Film Good Night. Batam: online (httpsrepository.polibatam.ac.iduploads207029-20171025071008.pdf) di akses 15 Januari 2019.

Arikunto, S. (1989). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi, Linda Wahyuni. (2018). Director of photography dan editor dlam pembuatan film pendek bergenre science fiction berjudul”6 PM”. Surabaya: online (1.%2014510160009%20-%202018%20-%20COMPLETE) di akses 15 Januari 2019.

Halik, A. (2013). Komunikasi Massa. Online (httprepositori.uin-alauddin.ac.id3381KOMUNIKASI%2520MASSA%2520full.pdf.pdf) diakses 20 Oktober 2018.

Hartanto, R, H. (2014). Analisa dan Pembuatan Video Company Profile PT. Tarindo untuk Meningkatkan Citra Perusahaan sebagai Produsen Kran Air. Online (Publikasi_10.12.4383.pdf.pdf) diakses 20 Oktober 2018.

Hartono, D,I. (2012). Infotainmen: Proses Produksi dan Praktik Jurnalistik. Jakarta: Akademia Permata.

Irman, Syafriwaldi. (2017). Penguatan Potensi dan Nilai-nilai Budaya Untuk Menggiring Kemajuan Masyarakat Melalui Pembuatan Video Profil Nagari Kumanis Kabupaten Sijunjung. Batusangkar: KPI.

Jordhan, Eric agustian. (2017). Director of Photography (Dop) dan Editor dalam Pembuatan Film Pendek Bergenre Thriller Menggunakan Teknik Canted Angle Tentang Psikopat Berjudul Hate. Surabaya: online (httpsir.stikom.eduideprint2753114510160022-2018-COMPLETE.pdf.pdf) diakses 20 Oktober 2018.

Kausar, A, Yusuf Fazri Sutiawan, dan Vidila Rosalina. 2015. Perancangan Video CompanyProfile Kota Serang dengan Teknik Editing Menggunakan Adobe Premier Pro cs 5. Online (httpswww.google.comurlsa=t&rct=jurnal.lppmunsera.org%2Findex.php%2FPROSISKO%2Farticle%2Fdownload%2F94%2F153&usg). Dikses 14 November 2018.

Moleong, L, J. (2006). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2004). Jurnalistik Televisi Mutakhir. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Muttaqin, M,R. (2016). Director of Photography dalam Karya Film Dokumenter Rider BMX Bandung. Bandung. Online (rizqi%2520muttaqin%2520-%2520106020012.pdf). diakses 20 Oktober 2018.

Permana, Agus Aan Jiwa, Ni Ketut Kertiasih, dan Putu Budha yasa (2017). Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi Program studi Manajemen Informatika .Bali: Online (video_profil_sebagai_sarana_promosi_efektif_dalam_.pdf).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cet. 18. Bandung: CV Alfabeta.

Suryanto, 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Susanto, nanang, dkk. (2013). Pembuatan video profil sekolah menengah kejuruan tunas muda karanganyar. Tanggerang : online (httpswww.academia.edu35525233perancangan_video_profile_pada_smk_islamic_village_karawaci_kabupaten_tangerang)

Wahyuni, I, N. (2014). Komunikasi Massa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wulandari, N. 2018. Memotret Keberhasilan Program Pemberdayaan Bank Sampah Kencana Madya Binaan PT. Semen Gresik Pabrik Tuban, Di DesaTemandang, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Skripsi. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/istinarah.v1i1.1521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ISTINARAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya

Indexed By:

         

 

 

 

View My Stats

 Lisensi Creative Commons

Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional