HADIS-HADIS TENTANG ISBAL: STUDI PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN DI SDIT DAR EL-IMAN PADANG

Fathul Hidayat, Toni Markos, Nasyiatul Aisyah

Abstract


Penelitian ini adalah berdasarkan pemahaman guru dan murid di SDIT Dar el-Iman Padang yang memakai celana di atas mata kaki sebagai salah satu bentuk pengamalan terhadap sunnah Rasulullah dan dalam mewujudkan salah satu visi sekolah, namun di luar jam sekolah masih banyak ditemui beberapa guru yang masih memakai celana di bawah mata kaki atau isbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman di kalangan guru tentang hadis isbal, dan mengetahui pengamalan di kalangan guru tentang hadis isbal. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan living hadis dengan wawancara dan mengamati langsung objek penelitian. Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) Mayoritas pemahaman kalangan guru SDIT Iman tentang hadis isbal bersifat tekstual, (2) Faktor yang mempengaruhi kalangan guru dalam mengamalkan hadis isbal yaitu: a). Sering mengikuti atau mendengarkan kajian b). Adanya penekanan dari pihak sekolah agar setiap guru yang mengajar memakai ujung celana di atas mata kaki karena berpengaruh terhadap kontrak kerja mereka selanjutnya. c). Tidak paham dengan hadis isbal. (3) Bentuk pengamalan hadis isbal di kalangan guru: Pertama, mengamalkan hadis isbal dengan pendekatan tekstual. Kedua, mengamalkan hadis isbal yang cenderung membolehkan.

Keywords


Living, Pemahaman, Pengamalan, Isbal

References


Buku:

Arromadloni, M. Najih, Metodologi Penelitian al-Qur’an dan Hadis, diakses 23 April 2018, pukul 10.07 WIB dari http://www.crisfoundation.com/2018/01/Metodologi-Penelitian-Living-Qur’an-Hadis/&sa

al-Bukhari, Muhammad bin Ismail, 2010, Shahih al-Bukhari, Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyyah

Cresswell, John W, 2014, Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

al-Damsyiqi, Ibn Hamzah al-Husaini al-Hanafi, 2008, Asbab al-Wurud;Latar Belakang Historis Timbulnya Hadis-hadis Rasul, terj.

Hafizzullah, H. (2016). MEMAHAMI HADIS-HADIS AF’ÂL AL RASÛL DAN TANAWWU’AL IBÂDAH. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama, 17(2), 167-174.

H. M. Suwarta Wijaya dan Zafrullah Salim, Jakarta: Kalam Mulia

al-Naisaburi, Abi al-Husain Muslim bin Al-Hajjaj, 2006, Shahih Muslim, Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah

al-Nasa’I, Ahmad bin Syu’aib bin Ali, 2006, Sunan al-Nasa’i, Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah

al-Nasa’I, Ahmad bin Syu’aib bin Ali, 2006, Sunan al-Nasa’i, Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah

al-Qardawi, Yusuf, 1990, Kaifa Nata’amal Ma’a al-Sunnah al-Nabawiyyah , al-Mansurah: Dar al- Wafa’

al-Qazwini, Abu Abdullah Muhammad bin Yazid al-Rabi’ bin Majah al-Hafidz, 2006, Sunan Ibnu Majah, Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah

Syamsuddin, Sahiron, 2007, Metode Penelitian Living Qur‟an dan Hadis, Yogyakarta: TH-Press

Al-Sijistany, Abu Dawud Sulaiman bin al-Asy’as bin Ishaq, 2006, Sunan Abi Dawud, Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah

al-Tirmizi, Muhammad bin ‘Isa bin Saurah bin Musa al-Sulami, 2006, Sunan al-Tirmidzi, Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah

Responden:

A, Guru laki-laki di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018

AP, Wakakurikulum Sekolah di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018

AS, Guru laki-laki di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018

AW, Guru laki-laki di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018

DS, Guru laki-laki di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018

DP, Guru laki-laki di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018

E, Kepala sekolah di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018

F, Guru laki-laki di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018

J, Guru laki-laki di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018

K, Wali murid di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 08 November 2018

NF, Wali murid di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 08 November 2018

RH, Wakil Kepala Sekolah di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018

RJP, Ustadz dan Guru Aqidah serta Bendahara Sekolah, Masjid al-Hakim, Wawancara langsung, 19 Januari 2018, pukul 19.00 WIB

RPH, Kepala Tata Usaha di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018

S, Bendahara Sekolah di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018

S, Wali murid di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 08 November 2018

T, Seorang guru laki-laki di SDIT Dar el-Iman Padang, Wawancara langsung, 31 Oktober 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/istinarah.v1i1.1510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ISTINARAH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya

Indexed By:

         

 

 

 

View My Stats

 Lisensi Creative Commons

Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional