Pengembangan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Menerapkan Aspek Pariwisata 3S (Something to see, Something to do, Something to buy)

Givara Oksafa Silvandi, Siska Mandalia

Abstract


Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Terletak di Kota Bukittinggi, kawasan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan terbagi atas dua objek wisata, yakni Kebun Binatang dan cagar budaya Benteng Fort de Kock. Dalam rangka menciptakan kunjungan wisatawan yang sustainable maka pengembangan terhadap suatu destinasi wisata sangat diperlukan.  Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengembangan kawasan Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan dengan menerapkan aspek pariwisata yakni, something to see, something to do, something to buy (sesuatu yang dapat dilihat, sesuatu yang dapat dilakukan, dan sesuatu yang dapat dibeli). Dalam penelitian ini,  pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian berupa observasi atau pengamatan terhadap objek wisata dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum fasilitas sarana dan prasarana di Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan sudah tersedia dengan baik, hanya saja masih memerlukan pengembangan dan perhatian lebih dalam agar lebih menarik minat kunjungan wisatawan ke TMSBK Kota Bukittinggi dan menciptakan kunjungan yang sustainable.

Keywords


Pengembangan; Aspek Pariwisata

Full Text:

PDF

References


REFERENCES

Anggraini, Dewi. 2021. Analisis Pengembangan Objek Wisata Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Pada Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Kota Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat. Vol.3 : 1. Hal: 97-101.

Bories, Akhmad Y. A. 2016. Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Kehidupan Masyarakat Lokal di Kawasan Wisata. Vol. 30 : 1. Hal: 74-78.

Budi, Selfi H. 2018. Pengembangan Destinasi Pariwisata Kreatif Melalui Pasar Lumpur (Analisis Wacana Grand Opening “Pasar Lumpur” Kawasan Wisata Lumpur, Kecamatan Ledokomdo, Kabupaten Jember). Vol. 2 : 1. Hal: 13-23.

Mandalia, S. & Rizal (2021). Potential of Pariangan Tanah Datar hot spring for domestic tourism. Journal

of Tourism, Hospitality & Culinary Arts, 13(3), 01-08.

Internet Source

BAB_2.pdf (undip.ac.id)

Pengantar Industri Pariwisata : Definisi Kepariwisataan dan Pariwisata, dan Pengembangan Pariwisata (jurnal-sdm.blogspot.com)




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/i-tourism.v1i2.4923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Givara Oksafa Silvandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats