ISLAM DAN RELASI AGAMA-AGAMA DALAM PERSPEKTIF HADIS

Nurul Hakim

Abstract


Tulisan ini akan melacak hadis-hadis tentang Islam dan relasi agama-agama. Hadis-hadis ini akan dicari pemahamannya secara kontekstual. Untuk membantu pemahaman, akan digunakan sejarah Islam ketika bergumul dengan agama-agama non Islam masa Nabi, al-khulafa>’ al-ra>shidu>n, Dinasti Umayah dan Abbasiyah sebagai pisau analisis. Penelusuran terhadap hadis tentang relasi Islam dengan pemeluk agama lain, menunjukkan bahwa ada dua sikap hadis terhadap komunitas non muslim: apresiatif-akomodatif dan kritis-konfrontatif. Hadis yang memberi apresiatif-akomodatif terekam dalam hadis tentang anjuran mendakwahkan Islam secara damai kepada ahl al-kita>b, hadis tentang praktik penghormatan Nabi terhadap jenazah Yahudi maupun ahl al-kitāb. Hadis-hadis yang bersifat kritis-konfrontatif, bisa dikategorisasikan ke dalam tiga bidang, yaitu: akidah, ibadah dan muamalah. Hadis dalam bidang akidah, hadis yang menyatakan kiamat tidak akan datang hingga kaum muslimin membunuh Yahudi. Hadis tentang vonis terhadap Yahudi dan Nasrani akan masuk neraka. Hadis tentang perintah membunuh orang sampai ia mengucapkan La> Ila>h Illa> Alla>h. Hadis tentang perintah mengusir orang Yahudi dan Nasrani sampai mereka bersedia memeluk Islam. Hadis kategori diskriminatif bidang ibadah, hadis tentang pelaknatan Allah terhadap Yahudi dan Nasrani yang menjadikan kuburan sebagai masjid. Hadis kategori diskriminatif dalam bidang muamalah, hadis tentang perintah untuk berbeda dengan Yahudi dan Nasrani

Keywords


Islam, Relasi Agama, Islam dalam Sejarah

References


ʻAsqala>ni>, Ah}mad bin ʻAli> bin H}ajar al-. (tt).Tahdhi>b al-Tahdhi>b. Juz 1. Kairo: Da>r al-Kutub al-Isla>mi>.

, (tt). Tahdhi>b al-Tahdhi>b. Juz 3. Kairo: Da>r al-Kutub al-Isla>mi>.

, (tt). Tahdhi>b al-Tahdhi>b. Juz 5. Kairo: Da>r al-Kutub al-Isla>mi>.

, (tt). Tahdhi>b al-Tahdhi>b. Juz 10. Kairo: Da>r al-Kutub al-Isla>mi>.

, (tt). Tahdhi>b al-Tahdhi>b. Juz 11. Kairo: Da>r al-Kutub al-Isla>mi>.

, (2000). Fath} al-Ba>ri> bi Sharh} S}ah}i>h} al-Bukha>ri>. Oman: Bait al-Afka>r al-Dawliyyah.

Bukha>ri>, Muh}ammad bin Isma>ʻi>l bin Ibra>hi>m bin al-Mughi>rah al-Jaʻfi> al-. (2015). S}ah}i>h} al-Bukha>ri>. Riya>d}: Da>r al-H}ad}a>rah li al-Nashr wa al-Tauzi>ʻ.

Da>rimi>, Abu> Muh}ammad ʻAbd Alla>h bin ʻAbd al-Rah}ma>n bin al-Fad}l bin Bahra>m al-. (2002). Sunan al-Da>rimi>. Beiru>t: Da>r Ibn H}azm.

D}a>rri>, H}a>rith Sulaima>n al-. (2000). Muh}a>d}ara>t fi> ʻUlu>m al-H}adi>th. Pakis: Da>r al-Nafa>is.

Khātib, Muḥammād ‘Ajjāj al-. (1989). Us}u>l al-H}adi>th. Beiru>t: Dār al-Fikr.

Nasa>i>, Ah}mad bin Shuʻaib bin ʻAli> bin Sina>n Abu> ʻAbd al-Rah}ma>n al-. (2015). Sunan al-Nasa>i>. Riya>d}: Da>r al-H}ad}a>rah li al-Nashr wa al-Tawzi>ʻ.

Ni>sa>bu>ri>, Abu> al-H}asan Muslim bin al-H}ajja>j bin Muslim al-Qushairi> al-. (2015). S}ah}i>h} Muslim. Riya>d}: Da>r al-H}ad}a>rah li al-Nashr wa al-Tauzi>ʻ.

Qazwi>ni>, Abu> ʻAbd Alla>h Muh}ammad bin Yazi>d bin Ma>jah al-. (2015). Sunan Ibn Ma>jah. Riya>d}: Da>r al-H}ad}a>rah li al-Nashr wa al-Tawzi>ʻ.

Sijista>ni>, Sulaima>n bin al-Ashʻath bin Ish}a>q bin Bashi>r al-Azdi> al-. (2015). Sunan Abi> Da>wud. Riya>d}: Da>r al-H}ad}a>rah li al-Nashr wa al-Tauzi>ʻ.

Suyu>t}i>, Jala>l al-Di>n ʻAbd al-Rah}ma>n al-. (2001). Al-Lumaʻ fi> Asba>b Wuru>d al-H}adi>th. Beiru>t: Dār Iḥ>ya>’ al-Tura>th al-‘Arabi>.

Tirmidhi>, Abu> ʻI>sa> Muh}ammad bin ʻI>sa> bin Su>rah bin Mu>sa> Ibn al-D}ah}h}a>k al-. (2015). Sunan al-Tirmidhi>. Riya>d}: Da>r al-H}ad}a>rah li al-Nashr wa al-Tawzi>ʻ.

Zuh}aili>, Wahbah al-. (2013). Tafsir Al-Munir: Aqidah, Syari’ah, Manhaj. Translated by Abdul Hayyie al-kattani, dkk “Al-Tafsir al-Muni>r fi> al-ʻAqi>dah wa al-Shari>ʻah wa al-Manhaj”. jilid 1. Depok: Gema Insani.

Fauzi, Irfan. (2019). Pemikiran dan Kontribusi KH. Marzuki Mustamar dalam Kajian Hadis Indonesia. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 5 (2), 249-260. doi: 10.21043/riwayah.v5i.6533

Ghalib, Muhammad. (1998). Ahl Kitab Makna dan Cakupannya dalam al-Qur’an. Jakarta: Paramadina.

Hakim, Nurul and Fauzi, Ali. (2021). The Concept Of Ahl Al-Kitab : Recognition Adherents Of Ahl Al-Kitab. Dialogia: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 19 (1), 191-212. doi: 10.21154/dialogia.v19i1.2575

H}anbal, Abu> ʻAbd Alla>h Ah}mad bin. (1998). Musnad al-Ima>m al-H}a>fiz} Abi> ʻAbd Alla>h Ah}mad bin H}anbal. Riya>d}: Bait al-Afka>r al-Dawliyyah li al-Nashr wa al-Tawzi>ʻ.

Idris, Mahsyar. (2015). Telaah Kritis Terhadap Syaz Sebagai Unsur Kaedah Kesahihan Matan Hadis. Tahdis, 6 (2), 73-92. doi: https://doi.org/10.24252/tahdis.v6i2.7176

Ihsannudin, Nurul dan Nisa’, Khoirun. (2021). Konteks Arab Sebelum dan Sesudah Pengutusan Nabi: Menelisik Faktor-Faktor di Balik Keistimewaan Bahasa Hadis. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 7 (1), 1-22. doi: 10.21043/riwayah.v7i1.10135

Iqbal, Muhammad dan Rachmadhani, Fajar. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Hadis Anjuran Menceritakan Kisah Bani Israil: Studi Maʻani al-Hadis. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 6 (2), 231-254. doi: 10.21043/riwayah.v6i2.7742

Ismail, M. Syuhudi. (1992). Metodologi Penelitian Hadis. Jakarta: Bulan Bintang.

Juhri, Muhammad Alan. (2018). Relasi Muslim dan Non-Muslim Perspektif Tafsir Nabawi dalam Mewujudkan Toleransi. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 4 (2), 243-264. doi: 10.21043/riwayah.v4i2.4628

Noorhidayati, Salamah. (2016). Hubungan Antar Umat Beragama dalam Perspektif Hadis. Kalam,10 (2), 491-516. doi: 10.24042/klm.v10i2.11

Rahman, Fatchur. (1974). Ikhtishar Mushthalahul Hadits. Bandung: PT Alma’arif.

Rofiq, Choirul. (2009). Sejarah Peradaban Islam. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press.

Sali>m, ʻAmr ʻAbd al-Munʻi>m. (tt). Taisi>r ʻUlu>m al-H}adi>th li al-Mubtadi’i>n Maʻ Tadri>ba>t ʻAmaliyah Ha>dha> al-ʻIlm. ttp: Da>r al-D}iya>’.

Shihab, Alwi. (1997). Islam Inklusif Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama. Bandung: Mizan.

Wijaya, Aksin. (2011). Menusantarakan Islam (Menelusuri Jejak Pergumulan Islam yang Tak Kunjung Usai di Nusantara). Yogyakarta: Nadi Pustaka.

Yatim, Badri. (2006). Sejarah Peradaban Islam II. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v7i2.8589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 El-Hekam Indexed By: