PROMOSI DALAM KEGIATAN E-COMMERCE DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Siska Febriyanti, Boy Satria

Abstract


Penggunaan media social saat ini tidak hanya sebagai hiburan saja, namun juga digunakan sebagai media untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, karena kegiatan jual beli sudah banyak dilakukan secara online atau yang di kenal dengan istilah e-commerce. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana promosi dalam kegiatan e-commerce dalam perspektif Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui teknik riset kepustakaan (library research). Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa sekarang ini banyak masyarakat Indonesia menggunakan media social untuk mempromosikan produknya, tidak hanya melalui gambar namun sekarang sudah bisa melalui promosi langsung, yaitu dengan cara live di facebook, instagram, dan yang banyak sekarang dengan menggunakan tiktok shop atau yang lebih dikenal dengan istilah e-commerce. Dan kegiatan promosi melalui e-commerce ini menurut pespektif Islam tidak ada larangan asalkan kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan ajaran agama dan berdasarkan Al-Quran dan hadist, dimana dalam melakukan promosi itu harus memberikan informasi yang jelas tentang produk yang dijual, tidak ada sumpah dalam melakukan promosi, serta tidak merugikan pihak pembeli.

Keywords


Promosi, E-commerce, Perspektif Islam

References


Aco, A., & Endang, A. H. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Teknik Informatika, 2, 1–13.

Adi, F. K. (2017). Jual Beli Online Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Transformasi, 11(1), 91–102.

Arham, M. (2010). Islamic perspectives on marketing. Journal of Islamic Marketing, 1(2), 149–164. https://doi.org/10.1108/17590831011055888

Azizah, M. (2016). Etika Perilaku Periklanan Dalam Bisnis Islam. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 3(1), 37. https://doi.org/10.21927/jesi.2013.3(1).37-48

Bahri, S. (2013). Hukum Promosi Produk Dalam Perspektif Hukum Islam. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(1). https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.1.135-154

Bhasin, H. (2019). Marketing strategy of Aldi - Aldi Marketing strategy of. Marketing91, 9(1), 26–40. https://www.marketing91.com/marketing-strategy-of-nintendo/%0Ahttps://www.marketing91.com/marketing-strategy-of-aldi/

Dahmiri, Indrawijaya, S., Fatricia, R. S., & Yasmin, A. (2018). Batik jambi promotion based on social media in asean economics community. Emerald Reach Proceedings Series, 1, 323–329. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-793-1-00015

databoks. (2021). Triliun pada 2020. 2021. katadata.co.id

Erniza Apnianingsih, Muhammad Iqbal Fasa, S. (2021). Penerapan Strategi Promosi, Buy 1 Get 1, Dan Sistem Cod Dalam Jual Beli Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Filantropfi Islam, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.22236/alurban_vol5/is1pp35-45 Pp

Fadillah, A. N., Saenan, D., & Muchtasib, A. B. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Perbankan Syariah Dalam Berbelanja Online Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Account, 7(1), 1233–1243. https://doi.org/10.32722/acc.v7i1.2834

Fitria, T. N. (2017). Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam Dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99

Halimatussyakdiyah, H. (2021). STRATEGI PROMOSI TOKO PAKAIAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Komparatif Pada Toko Taste Fashion dan JGP Store). http://eprints.uniska-bjm.ac.id/6756/%0Ahttp://eprints.uniska-bjm.ac.id/6756/1/ARTIKEL HALIMATUSSYAKDIYAH REVISI - for merge.pdf

Iswandi, A. (2021). Review E-Commerce dalam Perspektif Bisnis Syariah. Jurnal Bisnis, Keuangan Dan Ekonomi Syariah, 01(1), 9–20. https://journal.ptiq.ac.id/index.php/altasyree/article/view/167

Janah, F. N., Wahyuningsih, G., & Pusparini, M. D. (2019). Strategi Promosi Tokopedia Dalam Perspektif Hukum Islam. At-Thulab Jurnal, 1(1), 90.

katadata.co.id. (n.d.).

Kotler, P. & G. A. (2008). Principles Of Marketing,12th Edition, New Jersey:Person Education Inc/Prentice Hall.

Kurniawati, A. D. (2019). Transaksi E-Commerce dalam Perspektif Islam. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 2(1), 90. https://doi.org/10.21154/elbarka.v2i1.1662

Mahmud. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Puspitasari, F., & Gusfa, H. (2017). Strategi Promosi Online Shop melalui Sosial Media dalam Membangun Brand Engagement.“. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 115–130. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_968488881504.pdf

Putra, M. D. (2019). Jual Beli on-Line Berbasis Media Sosial Dalam Perspektif Ekonomi Islam. ILTIZAM Journal of Shariah Economic Research, 3(1), 83. https://doi.org/10.30631/iltizam.v3i1.288

Rahayu, S., Kholil, A., & Azhar. (2021). Jurnal Bilal. Jurnal BILAL: Bisnis Ekonomi Halal, 2(2), 151–158. http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/698/314

Rahim, E., & Mohamad, R. (2021). Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26. https://doi.org/10.54045/mutawazin.v2i1.234

Sara, K. D., & Fitryani, F. (2020). Peran Kewirausahaan Dan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Perspektif Islam. Jurnal EMA, 5(2), 66–77. https://doi.org/10.47335/ema.v5i2.53

Syukur, P. A., & Syahbudin, F. (2020). Konsep Marketing Mix Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(1), 71–94. https://doi.org/10.46899/jeps.v5i1.167

Tamal, A. J., & Febrianti, S. (2022). Analisis Manajemen Strategi Bank Muamalat Indonesia Mempertahankan Loyalitas Nasabah Di Kota Solok Provinsi Sumatera Barat. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 2275–2282. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.975

Tasruddin, R. (2015). Strategi Promosi Periklanan Yang Efektif. Jurnal Al-Khitabah, II(1), 107–116.

Wang, L., Yan, Q., & Chen, W. (2019). Drivers of purchase behavior and post-purchase evaluation in the Singles’ Day promotion. Journal of Consumer Marketing, 36(6), 835–845. https://doi.org/10.1108/JCM-08-2017-2335

Witro, D., Nurjaman, M. I., Ayu, D., & Al-Rasyid, C. S. (2022). Kontestasi Marketplace Di Indonesia Pada Era Pandemi: Analisis Strategi Promosi Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Dan Blibli Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional. OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 33–42. https://doi.org/10.53491/oikonomika.v2i2.178

Wulandari, Y. S. (2018). Perlindungan Hukum bagi Konsumen terhadap Transaksi Jual Beli Yudha Sri Wulandari kontemporer ini , human action ( prilaku manusia ), human atau electronic bussiness . E-commerce cenderung menggunakan sistem hukum yang. AJUDIKASI : Jurnal Ilmu Hukum, 2(2), 200–201.

Zineldin, M., & Philipson, S. (2007). Kotler and Borden are not dead: Myth of relationship marketing and truth of the 4Ps. Journal of Consumer Marketing, 24(4), 229–241. https://doi.org/10.1108/07363760710756011




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v7i2.7870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siska Febriyanti, Boy Satria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 El-Hekam Indexed By: