STRATEGI KOMUNIKASI DUTA GENRE KABUPATEN TANAH DATAR DALAM UPAYA PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN

Syafriwaldi Syafriwaldi

Abstract


Latar belakang dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi komunikasi Duta Genre Tanah Datar dalam upaya pendewasaan usia perkawinan di Kecamatan Lima Kaum, bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan apa saja upaya pendewasaan usia perkawinan dan penggunaan media serta faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi Duta Genre Tanah Datar dalam upaya pendewasaan usia perkawinan di Kecamatan Lima Kaum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian: pertama, Strategi komunikasi Duta Genre Tanah Datar dalam mensosialisasikan program kerja tentang upaya pendewasaan usia perkawinan di Kecamatan Lima Kaum yaitu berupa sosialisasi kesekolah-sekolah, Pusat Informasi Konseling Remaja serta masyarakat yang ada di kampung Keluarga Berencana di Kecamatan Lima Kaum dalam Pendewasaan Usia Perkawinan. Kedua penggunaan media yang digunakan seperti Instagram di-upgrade. Ketiga, Covid-19 merupakan factor penghambat dalam tersosialisasi program secara optimal. Sementara faktor pendukungnya adalah dukungan pemerintah dan dari berbagi tokoh masyarakat.

Keywords


Strategi Komunikasi, Duta Genre Tanah Datar, Usia Perkawinan

References


Abdullah, N. N., & Nasionalita, K. (2018). Pengaruh Sosialisasi Terhadap Pengetahuan Pelajar Mengenai HOAX. CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 5.

Arifin, Anwar. (1984). Strategi Komunikasi. Armico, Bandung

Badan Pusat Statistik. (n.d.). Statistik Pemuda Indonesia (p. 9). BPS.

BKKBN. (2012). Materi Pegangan Kader Tentang Bimbingan Dan Pembinaaan Keluarga Remaja. In Direktorat Bina Ketahanan Remaja (Vol. 2). BKKBN. http:// ceria@bkkbn.go.id

B.K.K.B.N. (2017). Panduan Pemilihan Duta GenRe Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2017 (p. 4). BKKBN.

Candrasari, S., & Naning, S. (2019). Strategi Komunikasi Persuasif Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Dalam Penyuluhan Penyakit Kaki Gajah. Kalbisocio (Jurnal Bisnis dan Komunikasi, 15-20.

Cangara, H. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan 13. Rajawali Pres. Jakarta.

Donovan, Rob daan Nadine Henley. 2010. Principles and Practice of Social Marketing : An International Perspective. Australia : IP Communication

David, F. R. (2009). Manajemen Strategis Konsep. Salemba Empat.

Effendy, O.U. 2008. Dinamika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

___________. 2013. Ilmu Komunikasi. PT Remaja Rosdarkarya. Bandung.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. 2019. Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Fitrah, M. 2018. Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher)

Halim, Fitria, Zukhruf, Ardhariksa, Dkk. 2021. Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis Hardani, Dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Ilmu.

Heydari, E., Solhi, M., & Farzadkia, M. 2021. Determinants of Sustainability in Recycling of Municipal Solid Waste: Application of CommunityBased Social Marketing (CBSM). Challenges in Sustainability, 9(1),

Hanana, A., Elian, N., & Marta, R. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Menciptakan Masyarakat Sadar Wisata Di Kawasan Wisata Pantai Padang, Kota Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 34-46.

Hendrawan, S. (2019). Advanced Strategic Management Back to Basic Approach. PR. Gravindo Utama.

Jie. (2021). Remaja ABG Samarinda Nekat Edarkan Narkoba. Kliksamarinda. https://kliksamarinda.com/remaja-abg-samarinda-nekat-edarkan-narkoba/

Kotler, J.P.A., Dkk. 1989. Social Marketing. United Kingdom : Free Press Kotler, P. 2001. Marketing Management. United Kingdom: Pearson Education Canada.

Kotler, P., & Zaltman, G. 1971. Social marketing: an approach to planned social change. Journal of marketing, 35(3), 3-12.

Lovelock, C., 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks.

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta Deepublish.

M. Ghofar. (n.d.). Angka Pernikahan dini di Kaltim Masih Tinggi, capai 13,9 persen”. ANTARANEWS.COM.

Maulida, N. C., & Adymas Pranajaya, S. (2018). Pengentasan Degradasi Minat Belajar Pada Siswa Remaja. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 5(No. 1), 7–16. https://doi.org/10.21093/twt.v5i1.2421

Rachmat. (2014). Manajemen Strategik. CV Pustaka Setia.

Muhamad, Husain. 2001. “Fiqih Perempuan “Yogyakarta: LKIS

Rangkuti, F. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Cetakan Kedua. In Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rakhmat, Jalaluddin. (2002). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja.

Romli, Khomsahrial. (2011). Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: PT. Grasindo. Tjiptono,

Fandy. (1995). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Rahmad Taufiq. (2020). Jalani Tes Urin, 10 Remaja Samarinda Masih di Bawah Umur Positif Narkoba, Diduga Usai Pesta Sabu. Tribun Kaltim.Co. https://kaltim.tribunnews.com/2020/05/31/jalani-tes-urin10-remaja-samarinda-masih-di-bawah-umur-positif-narkobadiduga-usai-pesta-sabu

Sirait, B. J. (2018). Difusi Inovasi Program Generasi Berencana (GenRe) Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pada Kehidupan Berkeluarga Berencana Melalui PIK M Sehati Universitas Ria. JOM FISIP, 5(Edisi 1 Januari-Juni), 15.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cet. 18. Bandung.

Suhandang, K. 2014. Strategi Dakwah. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Silva, L. D., Pranajaya, S. A., & Hadi, S. (2021). Imajinasi Tontonan Televisi Terhadap Tuntunan Diri Anak. Borneo Journal Of Primary Education, 1(1), 37–53. https://journal.iainsamarinda.ac.id/index.php/bjpe/article/view/3135

Yatim, D. I. (2015). Mempersiapkan Generasi Remaja Berencana. In Jakarta: BKKBN. BKKBN.

Undang-Undang RI Nomor 16 Tahun 2019 Hlm. 02

Wijaya, H. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. Hlm 23-24

Wilbur, Jack. 2010. Getting Your Feet We with Social Marketing. Utah Department. P4-16




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v7i2.7443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Syafriwaldi Syafriwaldi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 El-Hekam Indexed By: