RELEVANSI PENDIDIKAN ISLAM DAN PENDIDIKAN NASIONAL DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN SEJARAH
Abstract
Artikel ini ini membahas tentang pendidikan Islam dan nasional dilihat dari sudut pandang Al-Qur’an dan sejarah, permasalahan pendidikan di Indonesia mulai banyak dibicarakan ketika muncul paham dikotomi dan dualisme, permasalahan ini sebenarnya berasal dari warisan kolonialisme di Indonesia, disatu sisi ada pendidikan yang didirikan oleh Belanda yang kemudian diadopsi dan direvisi menjadi pendidikan nasional, sedangkan disisi lain ada pendidikan Islam yang sudah mengakar jauh sebelum datangnya kolonial. Untuk itu, perlu dibahas untuk melihat relevansi antara dua sistem pendidikan tersebut. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan deskrispi analitis. Adapun temuannya adalah pendidikan nasional maupun pendidikan Islam sama-sama memiliki tujuan yang sama yaitu pengembangan masyarakat Indonesia untuk bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, perbaikan akhlak dan sikap serta memiliki pengetahuan. Dalam Al-Qur’an pun memberikan motivasi yang tinggi dalam menuntut ilmu baik ilmu agama maupun ilmu umum. Relevansi kedua pendidikan ini bisa dilihat dari revisi peraturan-peraturan yang ada untuk menyetarakan antara pendidikan nasional dengan pendidikan agama. Sehingga posisi pendidikan Islam menjadi bagian atau sub sistem dari sistem pendidikan nasional.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, A. S. (2005). Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Rineka Cipta.
Achadi, M. W. (2018). Pendidikan Islam Dalam SIstem Pendidikan Nasional. Jurnal Al Ghazali, 1(2).
Ahmad Rifa’i, I. C. (2020). Relavansi pendidikan Agama Islam Terintegrasi Dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Digital 4.0. El-Arbah, 4(1).
Arifin, M. (1987). Filsafat Pendidikan Islam. Bina Aksara.
Arifin, M. (2000). Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum) (cet. 4). Bumi Aksara.
Azra, A. (2003). Surau Pendidikan Islam Tradisional dalam Transisi dan Modernisasi. PT Logos Wacana Ilmu.
Dewantara, K. H. (1962). Bagian Pertama Pendidikan. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Fasih, A. R. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Islam Dalam Tinjauan Al-Qur’an Dan Al-Hadist. Al-Ishlah: Jurnal Studi Pendidikan, 16(1), 77–87.
Hamalik, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem (Cet. 1). Bumi Aksara.
Husaini. (2020). PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF WAHYU PERTAMA (SURAH AL-‘ALAQ AYAT 1-5). 1, 1–11.
Kurniyati, E. (2018). Memahami Dikotomi dan Dualisme pendidikan di Indonesia. Rausyan Fikr, 14(1).
Kusuma Dwi Nur Aini, A. Q. L. (2020). Kritik Dualisme dalam Pendidikan Islam. Proceding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2.
Malik, I. (n.d.). Almuwaththa (Juz 5). Maktabah Syamilah.
Marimba, A. D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Al-Ma’arif.
Nasution, H. (1982). Akal dan Wahyu dalam Islam. Universitas Indonesia.
Pidarta, M. (1997). Landasan Kependidikan (Cet. 1). PT Rineka Cipta.
Ramayulis. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia.
Rodliyah, S. (2013). Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. STAIN Jember Press.
Saharman. (2017). Sejarah Pendidikan Islam di Minangkabau. Majalah Ilmiah Tabuah: Ta’limat, Budaya, Agama Dan Humaniora, 21(2).
Sajadi, D. (2021). SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. 4(1), 47–67.
Siswoyo, D. (2008). Ilmu Pendidikan. UNY Press.
Suyatno. (2012). Dekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Subsistem Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Tilaar, H. A. . (1999). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia; Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. PT. Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang RI. (2003). UU RI No. 2 Tahun 2003: Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Grapika.
Wahab, A. (2013). Dualisme Pendidikan Islam di Indonesia. Litera Pendidikan, 16(2).
Wahyudi, M. (2016). Konsep Dasar Pendidikan dalam Al-Qur’an. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(1).
Yasmadi. (2022). Modernisasi Pesantren Kritik Nurcholish Majid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Ciputat Press.
Zarkasyi, H. F. (2020). Imam Zarkasyi’s Modernization of Pesantren in Indonesia (A Case Study of Darussalam Gontor). Qudus Internasional Journal of Islamic Studies (QIJIS), 8(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v7i2.6795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jamal Mirdad, Suriyadi Suriyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
El-Hekam Indexed By: