PENDIDIKAN PROGRESIF JOHN DEWEY: RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Muhammad Zulfikar Nur Falah, Miftahur Rohmah, Singh Surbhi, Moh Amiir

Abstract


Tulisan ini mengurai dengan rinci tentang salah satu pemikiran filsuf John Dewey dalam memandang pendidikan progresif. Penulis mencoba merelevansikan antara pemikiran Dewey tentang pendidikan progresif dengan pendidikan Islam di Indonesia. Dengan itu, metode penulisan ini menggunakan deskriptif analisis yang telah diperoleh dari library research, dengan sumber dari literatur yang relevan dan realibel, seperti buku, jurnal, artikel, dan lain sebagainya. Tetapi sebelum memperoleh pemahaman secara detail, lantaran demikian penulis memaparkan terlebih dahulu terkait biografi John Dewey itu sendiri beserta latar belakang dan substansi pendidikan guna mengetahui pola pemikirannya. Hal ini secara implisit begitu relevan, yang pada kondratnya pendidikan Islam hanya lebih mengutamakan akhlak mulia dan mengamalkan ajaran beragama, namun juga mengutamakan sebuah potensi dari pengalaman melalui Al-Qur’an, yang sebagaimana menurut John Dewey bahwa pendidikan disebut progresif bilamana setiap aspek per individu lebih diorganisir, bukan ditekan, terlebih dari itu sangat menitik beratkan pada pengalaman yang bekerja atas kemampuannya dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada.

Keywords


John Dewey, Pendidikan Progresif, Pendidikan Islam

References


Adian, D. G. (2016). Pengantar Fenomenologi. Koekoesan.

Akrom, M. (2021). Metamorfosa Pendidikan Islam Berbasis Pluralisme. Guepedia.

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstektual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Kencana.

Amirudin, N. (2018). Filsafat Pendidikan Islam. Caremedia Communication.

Ansyar, M. (2017). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain, dan Pengembangan. Kencana.

Arianto, D. (2020). Relevansi Pemikiran John Dewey pada Pendidikan di Indonesia. Tarbiyatul Misbah : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, Vol.13 No.

Aswasulasikin. (2018). Filsafat Pendidikan Operasional. Deepublish.

Dandas, Y. (2021). Analisis Pengelolaan dan Kebijakan Pendidikan atau Pembelajaran. Deepublish.

Dkk, D. H. (2020). Belajar Berfikir dan Bertindak secara Praktis dalam Dunia Pendidikan Kajian untuk Akademis. Insan Cendekia Mandir.

Fadlillah, M. (2017). Aliran Progresivisme dalam Pendidikan di Indonesia. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol.5 No.1, 17.

Fuady, A. (2021). Buku Seri Training: Pembelajaran Orang Dewasa (Andragony). PT. Human Persona Indonesia.

Gunawati, D. (2018). Menelisik Penerapan Pendidikan Progresif (Studi Kasus di Sekolah Alam Bengawan Solo). Prosiding Seminar Nasional PPKn, 01.

Hani’ah. (2001). Agama Pragmatis: Tela’ah atas Konsepsi Agama John Dewey. IndonesiaTera.

Haudi. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan. CV.Insan Cendekia Mandiri.

Ida Zulaeha, D. (2021). Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya dalam Masa Pandemi Covid-19. LPPM UNNES.

Junaedi, M. (2017). Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Kencana.

Kurnia, A. R. D. (2019). Pengembangan Kurikulum IPA Terpadu SMP: Tinjauan Filosofis, Teoritis dan Contoh Implementasinya. PT. Panca Terra Firma.

Kurniawan, S. (2020). Isu-Isu Kontemporer tentang Islam dan Pendidikan Islam. Ayunindya.

Lukman Hakim, D. (2020). Pendidikan Islam Integratif: Best Practice Integratif Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi. Gestalt Media.

Mardayeli Danhas, D. (2020). Pendidikan Lingkungan (Environmental Education). Deepublish.

Mihmidaty Al-Faizah Ya’coub, D. (2021). Manajemen Kurikulum (Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits). Global Aksara Pres.

Mualifah, I. (2013). Progresivisme John Dewey dan Pendidikan Partisipatif Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.01 No., 119.

Mubarok, R. (2015). Pendidikan Humanis John Dewey Dalam Perspektif Pendidikan Islam. J-PAI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.2 No.1.

Muhammad Hasan, D. (2021). Strategi Pembelajaran. Tahta Media Group.

Nata, A. (2019). Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Prenadamedia Group.

Noor, F. A. . (2019). Surat dari Yunani: Sebuah Filsafat dari Era Kuno hingga Modern. Jariah Publishing Intermedia.

Nugroho, L. A. (2019). Kurikulum Pendidikan Tinggi Indonesia: Integrasi Visi Creative Minority dalam Kurikulum. Penerbit Laikeisha.

Printina, B. I. (2019). Membumikan Moral dan Cinta Benih Bangsa. Deepublish.

Rachman, F. (2021). Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam. IRCiSoD.

Rasinus, D. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sagala, S. (2013). Etika dan Moralitas Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Kencana.

Saleh, K. (2012). Pendidikan Humanis antara Barat dan Islam-Telaah Kritis Pemikiran Pendidikan John Dewey. Dinamika Ilmu : Jurnal Pendidikan.

Setiawan, B. (2018). Dasar-Dasar Ilmu Sosial (Refleksi menuju Aksi). UNY Press.

Sipora B. Warella, D. (2021). Antalogi: Multi Perspektif Keilmuan di Masa Pandemi Covid-19 (Dalam Tinjauan Agama, Pendidikan, Psikologi, dan Konserling). Deepublish.

Sugianto. (2021). Pendidikan Kita: Pendekatan Teori dan Praktik. Guepedia.

Supriatna, U. (2021). Manajemen Pendidikan Dalam Konstelasi Progresivisme (Telaah Filsafat Pendidikan John Dewey). QALAMUNA : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, Vol.13 No.

Sutisno, A. N. (2019). Telaah Filsafat Pendidikan,. K-Media.

Waini Rasyidin, D. (2009). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 1 Ilmu Pendidikan Teoritis. Bandung Imperial Bhakti Utama.

Wathoni, L. M. N. (2018). Integrasi Pendidikan Islam dan Sains: Rekonstruksi Paradigma Pendidikan Islam. CV. Uwais Inspirasi Indonesia Ponorogo.

Wulandari, M. D. (n.d.). Progresivisme dalam Pendidikan di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS Dan HDPGSDI Wilayah Jawa, 319.

Yuliani. (2019). Pendidikan Progresif John Dewey Tinjauan di MA Insan Cendikia Serpong Tangerang Selatan. UIN Syarif Hidayatullah.

Zainal Arif, D. (2021). Pendidikan Berbasis Al-Qur’an. Insan Cendekia Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v7i1.5782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Zulfikar Nur Falah Muhammad Zulfikar Nur Falah, Miftahur Rohmah Miftahur Rohmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 El-Hekam Indexed By: