TINJAUAN TIPOLOGI CORAK HERMENEUTIKA FAZLUR RAHMAN: STUDI EPISTEMOLOGIS PADA TEORI GERAK GANDA

Atin Suhartini, Fadhlu Rahman, Evi Sri Handayati, Hafizur Rahman Rumel, Muhammad Baqir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan posisi yang tegas terkait corak hermeneutika Fazlur Rahman, dimana pada perdebatannya, ia disatu sisi dianggap sebagai penganut aliran objektivisme karena upayanya untuk menggali makna objektif suatu ayat dengan teori double movementnya, namun di satu sisi ia juga dianggap beraliran subjektivisme karena ia meyakini bahwa pemahaman yang dilakukan seorang penafsir adalah pemahamannya sendiri bukan mencerminkan objektifitas Islam sesungguhnya. Pemahaman terkait ketidaktegasan posisi ini berimplikasi pada kritik yang tidak proporsional pada hermeneutika Rahman. Dengan demikian dari dilema dua kubu pemahaman atas teori Fazlu Rahman ini, perlu untuk digali aspek epistemologis hermeneutika Fazlu Rahman secara deksriptif analisis khususnya pada teori gerak ganda atau double movement dimana teori ini menjadi metodenya dalam mengeluarkan suatu hukum dalam tradisi islam. Penelitian ini menemukan diantaranya pertama, bahwa double movement Fazlu Rahman mencerminkan objektifitas dan subjektifitas pada aspek tertentu dalam proses penarikan hukum islam melalui gerak ganda. Kedua hermeneutika Fazlur Rahman secara epistemologis lebih tepat ditempatkan pada aliran Quasi-Objektf Modernis.

Keywords


Quasi-Objektif Modernis, Quasi Objektif Tradisionalis, Takhrij, Epistemologi

References


Acikgenc, A. (2001). Fazlur Rahman: Pemikir Kebangkitan dan Pembaharuan Islam Kontemporer. Jurnal Al-Qalam, XVIII(90).

Badruzzaman, D. (2018). Perkembangan Paradigma Epistemologi dalam Filsafat Islam. Jurnal Ushuluddin, 8(2).

Budiarti. (2017). Studi Metode Ijtihad Double Movement Fazlur Rahman terhadap Pembaruan Hukum Islam. Jurnal Zawiyah, 3(1).

Esack, F. (1997). Qur’an, Liberation and Pluralism: An Islamic Perspective of Interreligious Solidarity Against Oppression. Oneworld Publication.

Fadal, K. (2013). Hermeneutika Hukum Islam Abu Ishaq al-Syathibi. AL-‘ADALAH, XI(1).

Firmansyah, B. (2015). Aplikasi Teori Double Movement Fazlur Rahman terhadap Kasus Poligami. Ushuluna, 1(2).

George, T. (2020). Hermeneutics. Stanford Encyclopedia of Philosophy Archive2.

Hardiman, F. B. (2015). Seni Memahami Hermeneutik dari Schleiermacher sampai Derrida. Kanisius.

M. Khamim. (2022). Nilai Universal Islam Muhammadiyah Dan Nu: Potret Islam Moderat Indonesia. El-Hekam, 7(1), 78–85.

Matthias Steup, R. N. (2018). Epistemology", The Stanford Encyclopedia of Philosophy. Stanford Encyclopedia of Philosophy Archive.

Rahman, F. (1982). Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. The University of Chicago Press.

Rizal, T. R. (2016). Gambaran Konflik Bermatras Agama Di Indonesia (Problem Solving Berbasis Teologi Transformatif). El-Hekam, 1(1), 43. https://doi.org/10.31958/jeh.v1i1.336

Rofiah, N. N. (2020). Poligami Perspektif Teori Double Movement Fazlur Rahman. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1).

Sari, R. M. (2016). Perguruan Tinggi Islam Dan Transformasi Lembaga: Studi Terhadap Proses Perubahan Fungsi Dan Peran Iain Syarif Hidayatullah Jakarta Menjadi Universitas Islam. El-Hekam, 1(1), 1. https://doi.org/10.31958/jeh.v1i1.334

Setiawan, A. (2016). Hermeneutika al-Qur’an “Mazhab Yogya”: Telaah atas Teori Ma’na-Qum Maghza dalam Penafsiran al-Qur’an. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Al-Hadist, 17(1).

Syukri, A. (2005). Metodelogi Tafsir Qur’an Kontemporer dalam Pemikiran Fazlur Rahman. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1).

Ulya. (2011). Hermeneutika Double Movement Fazlur Rahman: Menuju Penetapan Hukum Bervisi Etis. Jurnal Ulul Albab, 12(2).

Wardatun Nabilah, Z. H. (2022). Filosofi Kemaslahatan Dalam Aksiologi Hukum Islam (Telaah Kitab Maqashid Syariah). El-Hekam, 7(1), 78–85.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v7i2.5705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Atin Suhartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 El-Hekam Indexed By: