STRATEGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LAPAS ANAK KUTOARJO ( STUDI KASUS REMAJA DI LAPAS ANAK KUTOARJO, JAWA TENGAH )

Maisyanah Maisyanah

Abstract


The juvenile delinquency continues to increase due to internal and external factors of education. The internal factors were from the teachers as one of the main components in dealing directly with the students, but they do not have the right strategy to minimize the delinquency. External factors were from the community and the government as an educational evaluator. The method used in this research was descriptive qualitative. Data collection methods used were interview, observation, and documentation. The analysis used two kinds of triangulation and SWOT analysis. The results showed that the teachers in choosing a strategy is monotonous. It was happened, because unqualified teachers of PAI, limited facilities and infrastructure. Outside of learning, the learners have demonstrated good behavior in the prison. Other factors should be developed is prison’s environment that supports the potential development of learners.

Keywords: Juvenile Delinquency, Teachers, Islamic Education, Prison, Anak Kutoarjo Central Java

References


Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya, 2013.

Abd. Rachman Assegaf, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

___________________, Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi, Kasus, dan Konsep,Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2004.

A b d u r r o h i m , P e n d i d i k a n I s l a m

Postmodernisme Pandangan InklusifMultikultural M. Amin Abdullah,

Yogyakarta: Kopertais Wilayah III, 2011.

Abuddin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.

Agoes Dariyo, Psikologi Perkembangan Remaja, Bogor: Ghalia Indonesia, 2004.

Ahmad Munjin Nasih; Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Refika Aditama, 2009.

Akmal Hawi, Dasar-Dasar pendidikan Islam, Palembang: IAIN Raden Fatah Press, 2005.

Akhmad Sofa, Kapita Selekta Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) dalam Muh Sya’roni (ed), Yogyakarta:

Idea Press Yogyakarta, 2009.

Alwisol, Psikologi Kepribadian, Malang:

UMM Press, 2012.

Andi Mappiare, Psikologi Remaja, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

Baharuddin, Aktualisasi Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

_________, Paradigma Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Djumransjah, Pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press, 2007.

Dadang Sulaiman, Psikologi Remaja DimensiDimensi Perkembangan, Bandung: Mandar Maju, 1995.

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan di Indonesia, Jakarta, Prenada Media, 2004.

Hamruni, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.

Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Menyenangkan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Hanna Djumhana Bastaman, Integrasi Psikologi dengan Islam Menuju PsikologiIslami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Hasan Langgulung, Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta: Al-Husna Zikra, 2000.

Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Guru dan Dosen yang dilengkapi dengan Undang-Undang RI No 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung: Fokusmedia, 2005

Irina V. Sokolova, dkk, Kepribadian Anak, Jogjakarta: Katahati, 2008.

Jalaluddin, Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Jalaluddin Rahmat, Psikologi Agama Sebuah Pengantar, Bandung: Mizan, 2005.

Jeanne Ellis Ormrod, Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Edisi keenam, Terj. Jakarta: Erlangga, 2008.

Kamrani Buseri, Ontologi Pendidikan Islam dan Dakwah, Yogyakarta: UII Press, 2003.

Kemenkumham, Pedoman Pembinaan

Kepribadian Nara Pidana Bagi Petugas di Lapas dan Rutan, Jakarta: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, 2013.

Kusdar, dkk., Pendidikan Agama Islam

Memabanguan Kepribadian Generasi Islam, Kalimantan Timur: MPK Universitas Mulawarman, 2010.

Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Mohammad Ali, Psikologi Remaja perkembangan Peserta Didik, Jakarta:

Bumi Aksara, 2012.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakaya, 2008.

Muhammad Al-Mighwar, Psikologi Remaja Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua, Bandung: Pustaka Setia, 2006.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosda Karya, 2005.

Munif Chatib, Sekolahnya Manusia Sekolah Berbasis Multiple Intelejences di Indonesia, Bandung: Kaifa, 2009.

Noer Rohmah, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2012.

Pupuh Fathurrohman, Strategi belajar Mengajar, Bandung: Refika Aditama, 2009.

Ramayulis, Psikologi Agama, Jakarta: Kalam Mulia, 2004.

Saleh Marzuki, Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional,

Pelatihan, dan Andragogi, Bandung, Rosda Karya, 2012.

Sarbaini, Model Pembelajaran Berbasis Kognitif Moral dari Teori ke Aplikasi, Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012.

Sarlito, W. Sarwono, Psikologi Remaja, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Soelaiman Joesoef, Konsep Dasar Pendidikan

Luar Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Sofyan, S. Willis, Remaja & Masalahnya, Bandung: Alfabeta, 2012.

Sri Rumini, Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Sudarsono, Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Sugiyanto, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.

Syamsul Bachri Thalib,Psikologi Pendidikan

Berbasis Analisis Empiris dan Aplikatif, Jakarta: Kencana, 2010.

Syafudin Azwar, Metode Penelitian,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Syamsul Yusuf, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosda Karya, 2011.

William A. Smith, Conscientizacao Tujuan Pendidikan Paulo Freire, Yogyakarta:

Pustaka Pelajar, 2008.

Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan, Bandung: Rosda Karya, 2011.

Zakiyah Darajat; A. Sadali, dkk, DasarDasar Agama Islam, Jakarta: PT Bulan Bintang, 1996.

_______, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 2003.

_______, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

_______, Metodologi Pengajaran Agama Islam,Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

_______, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Zuhairini dan Abdul Ghofur, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: Universitas Malang, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v1i1.342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Maisyanah Maisyanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 El-Hekam Indexed By: