PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH MALALO

Rosma Eka Putri

Abstract


Penelitian ini akan mengungkap bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah, beberapa orang ustadz/ustadzah, dan beberapa orang santri kelas VIII. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menyeleksi data, mengelompokan data, analisis isi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa, metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran kitab kuning adalah menggunakan metode klasikal (perpaduan metode konvensional) yang pembelajarannya dilakukan secara berjenjang dan berkelas-kelas. Materi yang diajarkan pada pondok pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo, menggunakan kitab kuning dengan perpaduan metode bandongan (santri menyimak atau mengikuti apa yang disampaikan ustadz), sorogan (ustadz menyimak / mengikuti apa yang disampakan santri), hafalan (metode untuk mengingat materi ajar), diskusi (sebagai pemecahan masalah dari materi yang dipelajari), qawa’id tarjamah (kemahiran berbahasa yakni kemahiran menulis, membaca dan menerjemahkan), qiyasiyah (di qiyaskan terlebih dahulu baru setelah itu mendatangkan contoh-contoh), dan istiqra’iyah (mendatangkan contoh-contohnya terlebih dahulu kemudian diikuti dengan qawaid pada umumnya). Alasan metode tersebut diterapkan dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo karena dapat membuat santri mudah mengerti atau paham dari segi makna dalam pembelajaran kitab kuning.


References


Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam. Ciputat: PT. Logos Wacana Ilmu.

Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Melinium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Departemen Agama RI. Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Proyek Peningkatan Pendidikan Luar Sekolah pada Pondok Pesantren, 2003,Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta: Depag RI.

Departemen Agama RI. 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Dhofier, Zamakhsyari. 2011. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Edisi Revisi. Jakarta: LP3ES.

Hasbullah. 1999. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Madjid, Nurcholish. 1997. Bilik-Bilik Pesantren “Sebuah Potret Perjalanan”. Jakarta: Paramadina.

Mathey, Miles.B and Huberman. 1992. Qualitativ Data Analisys. etjep: Penterjemah: Rohendi Rohid, Jakarta : UI Press.

Moleong, Lexi J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mu’in, Abd. dkk, 2011, Efektivitas Ilmu Nahw Dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Vol.8, No.1 (Jurnal Online), diakses pada tanggal 20 Juli 2017.

Muin, Abd. dkk. 2007. Pesantren dan Pengembangan Ekonomi Umat. Jakarta: CV. Prasasti.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Qamar, Mujamil. 2005. Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

Rahardjo, Dawam. 1985. Pergulatan Dunia Pesantren. Jakarta: P3M.

Rodliyah Zaenuddin, 2012/1434 H, Pembelajaran Nahwu dan Sharaf dan Implikasinya Terhadap Membaca dan Memahami Literatur Bahasa Arab Kontemporer Pada Santri Pesantren Majlis Tarbiyatul Mubtadi-Ien (MTM) Desa Kempek Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon, Holistik Vol.13 nomor 01, (Jurnal Online), diakses pada tanggal 20 Juli 2017.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar BaruAlgensindo, Cet.Kelima.

Sunhaji. 2009. Strategi Pembelajaran, Konsep, dasar, Metode, dan Aplikasi Dalam Proses Belajar Mengajar. Yokyakarta: Grafindo Lintera Media.

Tim Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. 2003. Pola Pembelajaran di Pesantren. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Yafie , Ali. 1994. Menggagas Fiqih Sosial. Bandung: Mizan.

Yamin, Martinis. 2007. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Putara Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v5i2.2661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rosma Eka Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 El-Hekam Indexed By: