PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 23 TAHUN 2016 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP KOTA BATUSANGKAR

Ade Putri Muliya

Abstract


ABSTRAK

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 di SMP Kota Batusangkar. Jenis penelitian ini ialah field research (penelitian lapangan). Metode penelitian yang penulis gunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian pelaksanaan penilaian autentik pada aspek kognitif dilaksanakan dengan menggunakan tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Pelaksanaan penilaian afektif dilaksanakan dengan menggunakan jurnal penilaian sikap positif dan negatif peserta didik dan pelaksanaan penilaian psikomotor dilaksanakan dengan penilaian mempraktekan materi-materi pembelajaran seperti sholat, wuduk, dan tayamum. Bagi siswa yang belum tuntas dalam penilaian aspek kognitif, afektif dan psikomotor akan dilakukan program remedial dan pengayaan.  


References


Basuki, Ismet dan Hariyanto,2014. Assesmen Pembelajaran, Bandung : PT

Remaja Rosdakarya.

J. Maleong, Lexy,2006. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul, 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung : PT Remaja

Rosdakarya.

Majid, Abdul, 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar, Bandung : PT

Remaja Rosdakarya.

Mardalis, 2003. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi

Aksara.

Muhammad, Hamid, 2016. Panduan Penilaian Oleh Pendidik dan Satuan

Pendidikan Untuk Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Muhammad, Hamid, 2014. Panduan Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta

Didik Sekolah Menengah Pertama Jakarta: Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Muhammad, Hamid, 2015, Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah

Pertama, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Noor, Juliansyah 2012. Metodologi Penelitian : Tesis, Disertasi dan Karya

Ilmiah, Jakarta: Kencana.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 23 Tahun 2016 tentang

Standar Penilaian Pendidikan.

Putro, Eko, Widoyoko, 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian,

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan, 2004. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti

Pemula, Bandung: Alfabeta.

Satodi, Djam’an dan Aan Komariah, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif,

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Supardi, 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasi), Jakarta: Rajawali Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v5i1.2290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ade Putri Muliya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 El-Hekam Indexed By: