The Principal’s Strategy In Changing Teachers Mind Patterns To The Quality Of Learning At SMK Muhammadiyah 1 Temon
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu, S. N. (2014). Pembinaan guru oleh kepala
sekolah dalam pengelolaan pembelajaran
di sekolah dasar. Jurnal Administrasi
Pendidikan, 2(1), 704–831.
Adea Wulan H. Z, R. A. (2018). Jenis-jenis
instrumen dalam evaluasi pembelajaran.
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–13.
Ariyani, R. (2017). Kepemimpinan kepala
sekolah dalam pengembangan
AL-FIKRAH, Volume X Nomor 1, Juni 2022
profesionalisme guru. Jurnal Al-Afkar,
(1), 107–127.
Azis, M. S., Hakim, L., & Walim. (2020).
Perancangan Aplikasi Berbasis Desktop
Dengan Microsoft Visual Basic (Studi
Kasus: Aplikasi Absensi Anak Magang
0). Jurnal Responsif : Riset Sains Dan
Informatika, 2(1).
https://doi.org/10.51977/jti.v2i1.170
Bali Sastrawan, K. (2016). Profesionalisme
Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu
Pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu,
(2), 65–73.
https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.73
Butina, M. (2015). A Narrative Approach to
Qualitative Inquiry. American Society for
Clinical Laboratory Science, 28(3).
https://doi.org/10.29074/ascls.28.3.190
Djafar, H., & Nurhafizah N, N. N. (2018).
Pengaruh motivasi kepala sekolah
terhadap kinerja guru dan pegawai di
smk muhammadiyah 3 makassar. Jurnal
Manajemen Pendidikan, 2(1), 24–36.
https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5
Elazhari, Siregar, B., & Yanti Parinduri, R.
(2021). Pengaruh motivasi kepala
sekolah terhadap kinerja guru di smp
negeri 2 tanjung balai. AFoSJ-LAS (All
Fields of Science J-LAS), 1(1), 44–53.
Ellis, V., & Childs, A. (2019). Innovation in
teacher education: Collective creativity
in the development of a teacher
education internship. Teaching and Teacher
Education, 77.
https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.10.0
Ginting, R. (2020). Fungsi supervisi kepala
sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal
Edukasi Nonformal, 1(2), 88–92.
Hakim, L. (2020). Pemilihan platform media
pembelajaran online pada masa new
normal. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi,
(2), 27–36.
https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.35
Hartanto, C. F. B. (2018). Pemanfaatan
simulator dalam meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan
bernavigasi taruna akademi pelayaran
niaga indonesia. Jurnal Mitra Pendidikan,
(4), 404–415.
Hartanto, W. (2016). Penggunaan e-learning
sebagai media pembelajaran. Jurnal
Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Hasanah, E, Suyatno, S., Tugino, T., & Ali, S.
(2020). Work Satisfaction Level of
Private School Teachers in Yogyakarta
Indonesia. Randwick International of Social
Science Journal.
https://doi.org/10.47175/rissj.v1i3.107
Hasanah, Enung, Desstya, A., Kusumawati, I.,
Limba, A., & Kusdianto, K. (2022). The
mediating role of student independence
on graduate quality in distributed
learning. International Journal of Instruction,
(1), 61–82.
https://doi.org/10.4135/978148331833
n114
I Putu Suardipa, K. H. P. (2020). Peran desain
evaluasi pembelajaran untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran.
Jurnal Widyacarya, 4(2), 88–100.
Ilomäki, L., & Lakkala, M. (2018). Digital
technology and practices for school
improvement: innovative digital school
model. Research and Practice in Technology
Enhanced Learning, 13(1).
https://doi.org/10.1186/s41039-018-
-8
Kodrat, D. (2019). Urgensi perubahan pola
pikir dalam membangun pendidikan
bermutu. Jurnal Kajian Peradaban Islam,
(1), 1–6.
https://doi.org/10.47076/jkpis.v2i1.23
Laili, R. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah
dalam Mengembangkan Mutu Sumber Daya
Guru. UIN Maulana Malik Ibrahim
Malang.
Nurrita, T. (2019). Pengembangan media
pembelajaran untuk menigkatkan hasil
belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–
https://doi.org/10.1088/1742-
/1321/2/022099
Permendiknas. (2007). Standar Kepala
Sekolah/Madrasah.
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh
pelatihan terhadap kompetensi
AL-FIKRAH, Volume X Nomor 1, Juni 2022
pedagogik guru matematika. Jurnal
Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika,
(1), 278–285.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1
.207
Pratiwi, N. W. Y. (2015). Landasan psikologi
pendidikan. Hindu Dharma, 1(1), 1–8.
Purnama, B. J. (2016). Optimalisasi
manajemen sumber daya manusia dalam
upaya peningkatan mutu sekolah. Jurnal
Manajemen Pendidikan, 12(2), 27–36.
Purwanti, K., AR, M., & Yusrizal, Y. (2014).
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Kompetensi Guru Pada
Smp Negeri 2 Simeulue Timur. Jurnal
Ilmiah Didaktika, 14(2), 390–400.
https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.510
RI, U. (2003). Undang Undang Republik
Indonesia Nomor 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In
Demographic Research (Vol. 49).
Rifandi, A. (2013). Mutu pembelajaran dan
kompetensi lulusan diploma iii
politeknik. Jurnal Cakrawala Pendidikan,
(1), 125–138.
Rochayadi, I. (2014). Upaya meningkatkan
kompetensi guru paud melalui
pendidikan dan pelatihan guru di paud
bougenville. Jurnal EMPOWERMENT,
(2252), 1–10.
Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi Pembelajaran
Implementasi Pembelajaran Era 4.0.
Sakban, Ifnaldi Nurmal, R. bin R. (2019).
Manajemen sumber daya manusia.
Journal of Administration and Educational
Management, 2(1), 93–104.
Santoso, Y. B., Permana, T., & Mubarok, I.
(2018). Penggunaan simulator wiper dan
washer untuk meningkatkan pemahaman
kelistrikan kendaraan ringan siswa smk.
Journal of Mechanical Engineering Education,
(2), 256–261.
https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.151
Setiawan, D. (2017). Pendekatan saintifik dan
penilaian autentik untuk meningkatkan
mutu pembelajaran pendidikan agama
islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic
Education, 1(2), 34–46.
https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683
Suhayati, I. (2013). Supervisi akademik kepala
sekolah, budaya sekolah dan kinerja
mengajar guru. Jurnal Administrasi
Pendidikan, 17(1), 86–95.
https://doi.org/10.17509/jap.v17i1.643
Sunaengsih, C. (2018). Pengaruh Media
Pembelajaran Terhadap Mutu
Pembelajaran Pada Sekolah Dasar
Terakreditasi A. Jurnal Pendidikan Riama,
(01), 183–190.
https://doi.org/10.17509/mimbarsd.v3i2.4259
Supardi, S., & Hasanah, E. (2020). Junior high
school students’ experiences of high
technology based learning in Indonesia.
International Journal of Learning, Teaching
and Educational Research, 19(5).
https://doi.org/10.26803/ijlter.19.5.9
Suwartini, E. A. (2017). Supervisi akademik
kepala sekolah, profesionalisme guru
dan mutu pendidikan. Jurnal Administrasi
Pendidikan, 24(2), 62–70.
https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.829
Tafonao, T. (2018). Peranan media
pembelajaran dalam meningkatkan
minat belajar mahasiswa. Jurnal
Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Widodo, N. & A. (2015). Inovasi Teknologi
Pembelajaran.
Yusuf, M. (2008). Strategi Manajemen
Perubahan Pola Pikir SDM Guna
Menghadapi Persaingan Era Industri 4 .
Pada Industri Manufaktur. Seminar
Nasional Dan The 6th Call for Syariah Paper
Universitas Muhammadiyah Surakarta, 648–
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v10i1.5524
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Enung Hasanah, Asnawi Wijayanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
__________________________________________________________________________
Al-Fikrah: The Journal of Educational Management |
Creations are disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.