MANAJEMEN PEMBERDAYAAN TENAGA ADMINISTRASI DI MTS AL-FATHIMIYAH TELUKJAMBE TIMUR KARAWANG

darojatun nuhaya dilla, Khalid Ramdhani, Abu Bakar

Abstract


Manajemen pemberdayaan tenaga administrasi di MTs Al-Fathimiyah Telukjambe Timur Karawang merupakan pelaksanaan fungsi manajemen dalam pemberdayaan tenaga administrasi, dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesionalisme tenaga administrasi di MTs Al-Fathimiyah Telukjambe Timur Karawang. Diantaranya fungsi manajemen dalam pemberdayaan tenaga administrasi, pelaksanaan pemberdayaan tenaga administrasi dan evaluasi pemberdayaan tenaga administrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mendapatkan gambaran tentang pengelolaan pemberdayaan aparatur administrasi di MTs Al-Fathimiyah Telukjambe Timur Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara terkait dengan objek yang diteliti kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan pemberdayaan aparatur madrasah di MTs Al-Fathimiyah Telukjambe Timur telah direncanakan oleh kepala madrasah. 2) penyelenggaraan pemberdayaan tenaga administrasi di MTs Al-Fathimiyah Telukjambe Timur dilakukan oleh kepala madrasah, 3) pelaksanaan pemberdayaan tenaga administrasi di MTs Al-Fathimiyah Telukjambe Timur dilaksanakan di MTs Al-Fathimiyah Telukjambe Timur, 4) Evaluasi pemberdayaan aparatur madrasah di MTs Al-Fathimiyah Telukjambe Timur telah dievaluasi oleh kepala madrasah. Dengan kata lain, penelitian ini menemukan bahwa pengelolaan pemberdayaan aparatur administrasi di MTs Al-Fathimiyah Telukjambe Timur Karawang telah dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan pengelolaan pemberdayaan.

References


Almanshur Fauzan , Ghony Djunaidi. 2012. Metodologi Penelitian kualitatif. JogJakarta: Ar-Ruzz Media.

Antonio Syafii. 2015. teladan Sukses dalam Hidup dan Bisnis. Muhammad SAW: The Super Leader Super Manager. Jakarta: Tazkia Publishing.

A Piet Sahertian. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi.Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Bina Aksara.

Azis Muslim. 2012. Dasar-Dasar Pengembangan Masyarakat. Yogyakarta: Samudra Biru

Badriah. 2007. Human resource Managenemt for Secretay. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. edisi revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Permendiknas No. 24 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Ramayulis.2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta. Kalam Mulia.

Ramdhani, Khalid. Penerapan Nilai-nilai pendidikan kepemimpinan di pondok modern Darussalam gontor ponorogo. Jurnal pendidikan islam rabbani. Vol.1, No.2, ISSN: 2549-337X. Available at: https://journal.unsika.ac.id/index.php/rabbani/article/view/1027

Rohiat.2010. Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktek. Bandung: PT Refika Aditama.

Saefullah.2012. Manajemen pendidikan Islam. Bnadung: CV Pustaka Setia.

Syaiful Sagala. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Yusak Burhanuddin. 1998. Administrasi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v8i2.2468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 darojatun nuhaya dilla, Khalid Ramdhani, Abu Bakar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

__________________________________________________________________________

Al-Fikrah: The Journal of Educational Management
ISSN 2339-0131 (print) | 2549-9106 (online)
Organized by Department of Education Management, Post Graduate Program, State Institute for Islamic Studies Batusangkar, Indonesia
Published by Department of Education Management - Post Graduate Program
W : http://al-fikrah@iainbatusangkar.ac.id
E  : alfikrah@uinmybatusangkar.ac.id, fadriati@iainbatusangkar.ac.id, ad4mmudinillah@gmail.com

View Al-Fikrah Stats

 Lisensi Creative Commons

Creations are disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.