MODEL PELATIHAN BERBASIS NEED ASSESMENT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PAI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis: pelaksanaan pelatihan bagi pengawas PAI di Sumatera Barat, faktor pendukung dan penghambat pelatihan pengawas PAI, model pelatihan yang sudah dilakukan Balai Diklat Keagamaan untuk meningkatkan kompetensi supervisi akademik pengawas PAI, dan model pelatihan yang efektif untuk meningkatkan kompetensi supervisi akademik pengawas PAI di Sumatera Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan pengawas PAI di Sumatera Barat oleh Balai Diklat Keagamaan Padang sesuai dengan perencanaan, namun belum didasarkan kepada analisis kebutuhan peserta pelatihan. Di antara faktor pendukung pelaksanaan pelatihan pengawas PAI oleh Balai Diklat Keagamaan Padang adalah sudah adanya petunjuk tentang perencanaan dan pelaksanaan pelatihan secara lengkap yang mencakup teknis, disain dan evaluasi pelatihan. Di antara faktor penghambat pelatihan pengawas PAI adalah minimnya kemampuan sebagian peserta pelatihan dalam menguasai IT serta alokasi dana pelatihan yang sangat terbatas. Berdasarkan data tersebut dihasilkan sebuah produk model pelatihan peningkatan kompetensi supervisi akademik pengawas PAI di Sumatera Barat.
Full Text:
Download Pdf (Bahasa Indonesia)References
Archeson, K.A. & M.D. Gall, Techniques in the Clinical Supervision of the Teacher: Preservice and Inservice Applications (4th Ed), White Palins NY, Longman, 1997
Barbazette, J., Training Needs Assessment Methods, Tools, and Techniques, San Fransisco, Pfeiffer, 2006
Dahlan, Taufiq, Kepengawasan Pendidikan, Jakarta, Departemen Agama RI, 2005
Danim, Sudarwan, Profesionalisme dan Etika Profesi Guru, Bandung: Alfabeta, 2010
Daresh, J.C., Supervision as a Proactive Process, White Plain, NY, Longman, 1989
Darwis, “Proses Pengembangan Kurikulum Pelatihan Pengawas Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Supervisi Akademik”, Disertasi, Program Studi Pengembangan Kurikulum Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, 2013
Departemen Agama RI, Panduan Tugas Jabatan Fungsional Pengawas Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1999/2000
---------, Pedoman Pengembangan Administrasi Supervisi Pendidikan, Jakarta, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2000
---------, Pedoman Rekrutmen Calon Pengawas, Jakarta, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004
---------, Peningkatan Supervisi dan Evaluasi pada Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta, Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2005
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Keputusan Menpan No.118/1996 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya, Jakarta, Ditjen Dikdasmen, 1998
Departemen Pendidikan Nasional, Metode dan Teknik Supervisi, Jakarta, Dirjen PMPTK, 2008
Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Materi Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah, 2007
Direkorat Tenaga Kependidikan, Ditjen PMPTK, Depdiknas, Panduan Pelaksanaan Tugas Pengawas Sekolah/Madrasah, Jakarta, Depdiknas, 2009
Getzel, J.W. and E.G. Guba, Social Behaviour and Administrative Process, School Review, 1975
Glickman, C.D., Supervision of Instruction: A Developmental Approach, Newton, MA, Allyn & Bacon, 1985
Gwyn, J.M., Theory and Practice of Supervision, New York, Dodd, Mead & Company, 1972
Habibullah, Achmad dkk., Efektivitas Pokjawas dan Kinerja Pengawas Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Pena Citasatria dan Puslitbang Depag RI, 2008
Hasan, Yusuf A. dkk, Pedoman Pengawasan Untuk Madrasah dan Sekolah Umum, Jakarta, Mekar Jaya, 2002
Ikhrom, “Pengaruh Supervisi Pengawas PAI, Kompensasi, dan Kompetensi, Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru PAI SD Se-Kota Semarang”, Disertasi, Program Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang, 2014
Ivancevich, J.M. dkk., Perilaku dan Manajemen Organisasi jilid I, Jakarta, Erlangga, 2008
----------, Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses, (alih bahasa Nunuk Adiarni), Jakarta, Binarupa Aksara, 1996
Jaelani, Kadir HA, Upaya Memberdayakan Tenaga Teknis Pendidikan Agama Islam dalam Departemen Agama, Profesionalisme Pengawas Pendais, Jakarta, Departemen Agama RI Ditjen Binbaga, 2003
Kementerian Pendidikan Nasional, Buku Kerja Pengawas Sekolah, Jakarta, Kemdiknas, 2011
Lantz, Donald L., “The Relationship of University Supervisors and Supervising Teacher’s Rating to Observed Student Teacher’s Behaviour”, Journal University of South Florida, AERJ Vol. 4 Number 3, May 1967
Meredith, D. Gall, Joyce P. Gall dan Walter R. Borg, Educational Research: An Introduction, Boston, Pearson Education, Inc, 2003
Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2006
An-Nahidl, Nunu Ahmad dkk., Pendidikan Agama di Indonesia: Gagasan dan Realitas, Jakarta, Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2010
Paraba, Hadirja, Wawasan Tugas Tenaga Guru dan Pembina Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Friska Agung Insani, 2000
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Plomp, Tjeerd, An Introduction to Educational Design Reserach, Prosidding of the seminar Conducted at The East China Normal University Shanghai, Netherland, Netzoduk Enschede, 2010
R. Buckley & Caple J., The Theory and Practice of Training, UK, Kogan Page, 2004
Rossett, Allison dan W. Joseph Arwady, Training Need Assesment, New Jersey, Educational Technology Publications Englewood Cliffs, 1987
Ryans, DG., System Analysis in Education Planing, London, Rontledge & Kegan Paul, 1982
Sahertian, Piet A., Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta, Rineka Cipta, 2000
Sergiovanni, T.J. & R.J. Starrat, Supervision: A Redefinition, New York, McGraw Hill, 1983
Setianingsih, Neni, “Efektifitas Pokjawas dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Pendais” dalam Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Volume 5 Nomor 4 Oktober-Desember 2007
Siagian, Sondang P., Teori dan Praktek Kepemimpinan, Jakarta, Rineka Cipta, 1994
Sudjana, Nana dkk, Standar Mutu Pengawas, Jakarta, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, 2006
Taba, H., Curriculum Development: Theory and Practice, New York, Harcourt, Brace & World, Inc, 1962
Tali, Adirun T., “Peranan Pengawas dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Madrasah Aliyah di Propinsi Gorontalo”, Disertasi, Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, 2011
Tim Ditjen Baga Islam, Profesionalisme Pengawas Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Departemen Agama RI Ditjen Binbaga, 2003
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v7i2.1639
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jamilus Jamilus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
__________________________________________________________________________
Al-Fikrah: The Journal of Educational Management |
Creations are disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.