Konseling dengan Pendekatan Muhasabah sebagai Salah Satu Model Konseling Religius

Wenda - Asmita, Nelvi - Yanti, Duski - Samad

Abstract


Hidup manusia tidak terlepas dari yang namanya masalah. Masalah ini biasanya muncul dari berbagai faktor baik dari dalam maupun dari luar. Kenyataannya, sering dijumpai bahwa konseli merasa persoalan ini hanya berasal dari luar, padahal bisa jadi masalah itu terjadi karenadari dalam dirinya sendiri. Konseling Religius dengan pendekatan Muhasabah ini bertujuan agar konselor mampu membantu konseli  mencari tahu persoalannya melalui pendekatan muhasabah yang dijadikan model dalam proses konseling religius yang dilaksanakan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian berbasis kepustakaan atau penelitian kepustakaan dengan mengkaji dan menggali berbagai teori dan praktik, melalui buku, jurnal ilmiah, tesis, e-book, internet, dan berbagai data dan fakta yang ada di masyarakat, khususnya literatur sekolah. Konseling pendekatan muhasabah menjadi salah satu model dalam konseling religius yang dilakukan sebagai suatu bantuan yang diberikan kepada seorang individu untuk menyelesaikan masalah.


Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2016). The Power Of Muhasabah. Medan: Perdana Publishing.

Afnilaswati, A., Meldawanti, M., & Ardimen, A. (2021). Konsep Aplikasi Landasan Dan Pendekatan Religius Dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 7(2), 128–134. https://doi.org/10.15548/atj.v7i2.3260

Ahmad, J. (2018). Muhasabah sebagai Upaya Mencapai Kesehatan Mental. Islamic Studies, 1–16. https://www.academia.edu/38063243/Muhasabah_Sebagai_Upaya_Mencapai_Kesehatan_Mental

Ardimen, A. (2017). Evaluasi Kinerja Konselor dalam Proses Konseling dan Riset Konseling di Sekolah. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 58. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1414

Ardimen, A. (2018). Pengembangan Kepribadian Konselor Berbasis Asmaul Husna dalam Pelayanan Konseling. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(2), 102–115. https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.152-07

Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232

Asmita, W., & Fitriani, W. (2022). Analisis Konsep Dasar Assesmen Bimbingan dan Konseling dalam Konteks Pendidikan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 129–134. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.7042

Asmita, W., & Masril, M. (2022). Sexual Harassment Treated With Feminist Therapy (Pelecehan Seksual Ditanggulangi dengan Terapi Feminis). Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 6(2), 1–5. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v6n2.p79-83

Azmi, K. R. (2018). Keterampilan Berpikir (Mind Skills) pada Proses Konseling: Kajian dalam Perkembangan Kognitif Neurosains. Konseling Edukasi “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 43–55. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i1.4461

Baijuri, A., & Lutfi, A. (2021). Optimasi Penentuan Centroid pada Algoritma K-Means untuk Pemilihan Jurusan Berbasis Genetika Algoritma. Jurnal INSTEK (Informatika Sains Dan Teknologi), 6(2), 228–236. https://doi.org/10.24252/instek.v6i2.24869

Diniaty, A. (2013). Urgensi Teori Konseling dan Perspektifnya dalam Islam Menjawab Tuntutan Konseling Religius di Masa Depan. Al-Ta Lim Journal, 20(1), 312–232. https://doi.org/10.15548/jt.v20i1.27

Fadilla, H. D., Ardimen, A., Syafwar, F., & Hardi, E. (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Muhasabah terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 293–304. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7113

Hariyanto, D., & Fathurrahman, M. (2020). Korelasi Ayat-ayat Musibah dan Muhasabah dalam Al-Qur’an. Izzatuna: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(1), 1–9.

Kuswatun, E., & Maemonah. (2021). Konseling Religius: Suatu Proses Penemuan Makna Hidup Remaja Gagal Menikah. Konseling: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya. 2(2), 32–37. https://doi.org/10.31960/konseling.v2i2.442

Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 39–42. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890

Ramadhani, D. S., & Tanjung, R. F. (2022). Profil Regulasi Diri Siswa dan Implikasinya terhadap Konseling Religius. 1(1), 47–54.

Rofiqah, T. (2016). Konseling Religius: Mengatasi Rasa Kecemasan dengan Mengadopsi Terapi Zikir Berbasis Religiopsikoneuroimunologi. Jurnal KOPASTA, 3(2), 75–85. https://doi.org/10.33373/kop.v3i2.559

Tanjung, R. F. (2019a). Addiction Analysis of Online Games and Implications with Islamic Guidance and Counseling: Career Counseling. Jurnal Konseling Religi, 10(2), 282–296. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/konseling

Tanjung, R. F. (2019b). Answering the challenge of industrial revolution 4.0 through improved skills use of technology college. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 11–14. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1.i1.02


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________