Dampak Kecanduan Game online pada Siswa dan Implikasinya terhadap Layanan BK

Indri Dwi Nofita Sari, Hadiarni hadiarni, Silvianetri Silvianetri, Fadhilah Syafwar

Abstract


Game online adalah situs permainan secara online yang terhubung oleh jaringan internet, yang bisa dimainkan oleh siapa saja dan dimana saja dengan jangkauan yang sangat luas. Saat ini game online sudah tidak asing lagi bagi seluruh kalangan baik pada anak-anak maupun dewasa. Seiring dengan kemajuan teknologi, game online menawarkan hal-hal baru dan cukup menggoda bagi pemainnya. Bermain game online yang berlebihan dapat membuat seseorang mengalami kecanduan, jika sudah mengalami kecanduan akan berdampak negatif bagi pengggunanya. Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan data tentang dampak kecanduan game online pada siswa dan implikasinya terhadap layanan BK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah 5 siswa yang diambil dengan cara snowball sampling dan 1 Guru BK. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat dampak dari kecanduan game online terhadap siswa baik itu dari segi kesehatan, belajar, sosial, psikologis bahkan keuangan. Untuk mengatasi dampak tersebut guru BK telah diberikan layanan konseling seperti: layanan klasikal, bimbingan kelompok dan konseling kelompok.


Full Text:

PDF

References


Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9–20.

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran Guru dalam Mengatasi Kecanduan Game Online. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 28–40.

Anggraeni, N., Agustiani, H., Novianti, L. E., & Ninin, R. H. (2021). Gambaran Perilaku Bermain Game Online pada Remaja Pemain Game Online di Jatinangor. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 10(1), 87–99.

Ardimen, A. (2017). Evaluasi Kinerja Konselor dalam Proses Konseling dan Riset Konseling di Sekolah. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 58–73. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1414

Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Muhasabah. Ta’dibuna Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278–298. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232

Cahyana, Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran Siswa Sekolah Menengah Pertama Yang Mengalami Kecanduan Game Online. FOKUS, 3(2), 40–45.

Dani, R. W. R., Sukidin, S., & Ngesti, R. (2014). Fenomena Kecanduan Game Online pada Siswa (Studi Kasus pada Siswa SMK Negeri 2 Jember). Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa, 1–8.

Dewi, A. C., & Saryanto, R. (2017). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Mereduksi Dampak Kecanduan Media Sosial pada Anak. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 37–46.

Firman, F., Nirwana, H., Tanjung, R. F., Netrawati, N., Karneli, Y., Syukur, Y., & Latupasjana, Z. (2020). Improving Youth Drug Abuse Self-Control Through Group Counseling. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 13(7), 990–1000.

Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2010). Bimbingan dan konseling (7th ed.). (Alih Bahasa Yudi Santoso). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hariyati, H., Ardimen, A., & Silvianetri, S. (2021). Effectiveness of Group Counseling Services With A Muhasabah Approach in Reducing Students Academic Procrastination at SMA Negeri 1 Lintau Buo. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(2), 60–74.

Hasibuan, J., & Anggreni, A. (2022). Fenomena Kecanduan Game Online pada Remaja di Desa Deli Tua Kecamatan Namorambe. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan, dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 20–28.

Henderson, D. A., & Thompson, C. L. (2010). Counseling Children (8th ed.). Boston: Chengage Learning

Husnayani. (2021). Fenomena Game Online di Kalangan Peserta Didik pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Malangke Kabupaten Luwu Utara. Tesis. Palopo: Pascasarjana IAIN Palopo.

Ibrahim, M. B., Suryani, I., & Tanjung, I. F. (2019). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang Kecanduan Smartphone melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikaan dan Konseling, 9(1), 12-20.

Jannah, N., & Sari, W. K. (2019). Analisis Tingkat Kecanduan Game pada Siswa serta Implikasi dalam Bimbingan dan Konseling. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 4(1), 14-19.

Kurnada, N., & Iskandar, R. (2021). Analisis Tingkat Kecanduan Bermain Game Online terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5660-5670.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148-158.

Putri, R. M., Ardimen, A., Silvianetri, S., & Ramadhani, D. S. (2022). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Cognitive Behavior Theraphy (CBT) dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa. Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(1), 32–46.

Setiawan, A. E. B. (2019). Substitution of Face-To-Face Interaction with Cyber Space in Generation Z (Study by Type of Online Game in SMK Negeri 4 Probolinggo). Interaktif: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2), 127–137.

Silvianetri, S. (2021). Impact of Social Media Use on Community Psychology and Its Implications in Counseling. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 5(1), 42-50.

Tanjung, R. F. (2019). Addiction Analysis of Online Games and Implications with Islamic Guidance and Counseling: Career Counseling. Jurnal Konseling Religi, 10(2), 282–296.

Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Increasing Skills Reading Students Through Guidance and Counseling Classical Using Contextual Teaching and Learning (CTL) approach. International Journal of Research in Counseling and Education, 2(1), 8–14.

Wardah, A., Susanto, D., & Misbah, A. (2021). Upaya Guru Bimbingan Konseling terhadap Kecenderungan Bermain Game Online di SMP Negeri 31 Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 1(1), 1-15.

Yanti, R. F., Masril, M., Dasril, D., Rozalina, D., & Rizky, F. H. (2022). Pengaruh Bimbingan Klasikal Teknik Modeling terhadap Kepercayaan Diri Siswa. Al-Kaaffah: Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(1), 15–24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________