Ibadah Generasi Milenial: Pendekatan Teologi dalam Program dan Strategi Konseling Religius

Muhammad Rafiul Muiz, Tisna Susanti

Abstract


Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengkaji konsep Ibadah generasi milenial terkait pendekatan teologi program dan strategi konseling religius yang dapat dilakukan.  Metode yang digunakan adalah library research atau kajian kepustakaan dengan cara menghimpun dan menganalisis jurnal, buku, serta peraturan perundang undangan yang ditemukan dari sumer cetak maupun elektronik, berupa ebook dan ejournal yang diakses secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah konten analisis dengan cara mengklasifikasikan data berdasarkan isu dan masalah penelitian. Hasil studi menunjukkan bahwa generasi milenial merupakan generasi yang berada pada masa transisi sehingga lebih labil dari generasi sebelumnya. Diperlukan arahan teologi yang sesuai dengan perkembangan mereka. Pendekakatan dan strategi konseling religius serta pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter dapat dijadikan sarana untuk membantu generasi milenial dalam menggali dan memahami konsep Ketuhanan dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Afnilaswati, A., Meldawanti, M., & Ardimen, A. (2021). Konsep Aplikasi Landasan dan Pendekatan Religius dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 7(2), 128–134. https://doi.org/10.15548/atj.v7i2.3260

Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Muhasabah. Ta’dibuna Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278–298. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232

Ardimen, A. (2018). Visi baru konselor sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dan madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 22–29.

Azman, Z. (2021). Dakwah Bagi Generasi Milenial melalui Media Sosial. Khabar (Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam), 3(2), 193–205.

Dwiraharjo, S., & Noviana, R. (2021). Perubahan Pola Penghayatan Nilai-nilai Keagamaan pada Generasi Milenial. Jurnal Teologi Gracia Deo, 4(1), 38–50. https://doi.org/https://doi.org/10.46929/graciadeo.v4i1.105

Evi, T. (2020). Research & Learning in Primary Education Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2, 2–5.

Faesol, A. (2022). Media Sosial dan Sufisme : Gambaran Religious Style pada. 6th EAIC: Esoterik Annual International Conference, 01, 27–44.

Falah, R. Z., & Tengah, J. (2017). Landasan Teologis Konseling Sosial dalam Perspektif Hassan Hanafi. Konseling Religi Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 8(2), 379–400.

Hidayat, A. (2018). Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial. Fenomena, 10(1), 55–76. https://doi.org/10.21093/fj.v10i1.1184

Jamal, G. (2020). Transformasi Nilai Pendidikan Keberagamaan Pada Generasi Milenial. Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(1), 92–111. https://doi.org/10.51675/jt.v14i1.74

Permendikbud RI Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014.pdf

Machfud, M. S., & Maemonah. (2021). Pembentukan Karakter Religius Remaja melalui Bimbingan Konseling Berbasis Al-Qur’an. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 5(2), 99–106.

Miswari, M. (2020). Studi Agama dan Sosial: Analisis Ragam Pendekatan Dan Tinjauan Kritis Penelitian Islam. Liwaul Dakwah, 10(2), 109–143.

Mukhlas, & Sofiani, I. K. (2021). Landasan Teori Konseling Islam. Kaisa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 25–37.

Paratiwi, A., & Farasagitaputri, A. (2021). Konseling Religius: Kepustakaan. Proceeding International Conference on Islamic Educational Guidance and Counseling, 9, 149–158.

Ramadhani, D. S., Ardimen, A., & Tanjung, R. F. (2022). Profil Regulasi Diri Siswa dan Implikasinya terhadap Konseling Religius. Al-Kaaffah: Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(1), 47–54.

Rozalina, D., Ardimen, A., & Tanjung, R. F. (2022). Profil Integritas Diri Siswa dan Implikasinya terhadap Konseling Religius. Al-Kaaffah: Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(1), 25–31.

Rumbiak, A. (2021). Teologi Ibadah dan Spiritualitas Generasi Milenial. Jurnal Teologi Amreta, 3(2), 64–100. https://doi.org/10.54345/jta.v3i2.32

Santoso, J. (2020). Studi Onomastika Biblikal dalam Sejarah Linguistik Penulisan Teks Perjanjian Baru. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 9(1), 45–68. https://doi.org/10.46495/sdjt.v9i1.57

Sudarmiyati, S. (2018). Layanan Bimbingan dan Konseling Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Strategi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling di Era Disrupsi, 159–166.

Tanjung, R. F. (2019). Addiction Analysis of Online Games and Implications with Islamic Guidance and Counseling: Career Counseling. Jurnal Konseling Religi, 10(2), 282–296.

Tanjung, R. F. (2019). Answering the challenge of industrial revolution 4.0 through improved skills use of technology college. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 11–14. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1.i1.02

Yola, F., Ardimen, A., Syafwar, F., & Desmita, D. (2022). Religiusitas Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Program Pelatihan Kompetensi Kepribadian Calon Konselor. Al-Kaaffah: Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(1), 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________