Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Cognitive Behavior Theraphy (CBT) dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa

Rice Meliani Putri, Ardimen Ardimen, Silvianetri Silvianetri, Diah Suci Ramadhani

Abstract


Self-esteem merupakan suatu penilaian yang dilakukan oleh seseorang terhadap dirinya yang didasarkan pada hubungan dengan orang lain. Sesuai dengan aspek-aspek seperti penerimaan diri sendiri, harga diri sosial, dan evaluasi diri sendiri. Sementara kondisi nyata di lapangan ditemukan siswa memiliki self esteem siswa yang rendah. Untuk itu, self esteem siswa perlu ditingkatkan, salah satu upaya untuk meningkatkan self esteem siswa melalui layanan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior theraphy. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh konseling kelompok pendekatan cognitive behavior theraphy terhadap self esteem siswa. Penelitian menggunakan metode eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design dimana design ini melibatkan dua kelompok subjek satu diberi perlakuan eksperimental dan yang lain tidak diberikan perlakuan (kelompok kontrol). Dengan jumlah masing-masing kelompok 10 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala likert self esteem. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan self esteem yang semula berada pada kategori rendah (negatif) menjadi siswa yang memiliki self esteem pada kategori sedang dan tinggi (positif). Sehingga berdasarkan hal tersebut, diketahui bahwa konseling kelompok pendekatan cognitive behavior theraphy berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan self esteem siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________