Profil Regulasi Diri Siswa dan Implikasinya terhadap Konseling Religius

Diah Suci Ramadhani, Ardimen Ardimen, Romi Fajar Tanjung

Abstract


Regulasi diri merupakan salah satu yang berkontribusi dalam kesuksesan individu. Regulasi diri yang buruk mengakibatkan proses kehidupan tidak teratur dan tanpa arah tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kondisi regulasi diri siswa MTsS Muhammadiyah Batu Bulat serta menganalisis implikasi data regulasi diri siswa terhadap pelayanan konseling religius. Jenis penelitian menggunakan survei. Sampel penelitian berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan bantuan aplikasi excel. Hasil penelitian ditemukan bahwa sebagian besar siswa memiliki regulasi diri yang buruk, dan nilai-nilai agama, teknik dan pendekatan islam dapat dipergunakan untuk membantu mengoptimalkan regulasi diri siswa yang dilaksanakan dalam bentuk konseling religius.


Full Text:

PDF

References


Ardimen, A., Natalia, DY., Rafsel Tas’adi, , & Rosa Dovita. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kualitas Interaksi Sosial Anak Asuh. Journal Educative : Journal of Educational Studies. https://doi.org/10.30983/educative.v3i2.745

Anjani, M. (2019). Pengaruh Konseling Sufistik dalam Peningkatan Self Esteem Remaja Pondok Pesantren Daarunnajaah Jerakah, Tugu, Semarang. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Ardimen, A. (2019). Model Bimbingan Kelompok dengan pendekatan muhasabah untuk meningkatkan identitas diri siswa madrasah. Disertasi, pascasarjana universitas negeri padang, 2019

Anwar Sutoyo. (2017). Model Bimbingan Konseling Sufistik untuk Mengembangkan Pribadi yang ’Alim dan Saleh. Konseling Religi : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 8(1), 1–22.

Ardimen, A. (2017). Rekonstruksi Kinerja Pendidik Melalui Pembelajaran dan Pelayanan Konseling Berbasis Riset. PROCEEDING IAIN Batusangkar.

Ardimen, A. (2018). Visi Baru Konselor Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah dan Madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia). https://doi.org/10.21067/jki.v4i1.2733

Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2232

Dwarawati, D. (2015). Pengaruh Konseling Kelompok Regulasi Diri Terhadap Peningkatan Regulasi Diri Pada Penderita Pembelian Komplusif. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP). https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol7.iss2.art5

Effendi, R. M. S. (2017). Regulasi Diri dalam Belajar (Self-Regulated Learning) Pada Remaja yang Kecanduan Game Online. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 187–191. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4362

Elmansyah, E. (2017). Konseling Sufistik Bagi Mahasiswa: Konseling Terapan Berbasis Tasawuf. The International Conference on Guidance and Counseling, ICGC’17, 39–46.

Fadilla, H. D., Syafwar, F., & Hardi, E. (2022). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Muhasabah terhadap Motivasi Berprestasi Siswa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 293–304. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7113

Habibi, A. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengembangkan Regulasi Diri Siswa Kelas VIII. Empati: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 9–20. https://doi.org/10.26877/empati.v6i2.4275

Hamidiyah, A. P. N. I. (2019). Bimbingan dan Konseling Islam dengan Teknik Muhasabah untuk Menanamkan Kedisiplinan pada Seorang Siswa yang Sering Terlambat di SMPN 13 Surabaya. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Husna, A. N., Hidayati, F. N. R., & Ariati, J. (2014). REGULASI DIRI MAHASISWA BERPRESTASI. Jurnal Psikologi Undip. https://doi.org/10.14710/jpu.13.1.50-63

Kusumawati, E. D. (2017). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Regulasi Diri Siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMP Negeri 13 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 121–141.

Machfud, M. S., & Maemonah, M. (2021). Pembentukan Karakter Religius Remaja melalui Bimbingan Konseling Berbasis Al-Qur’an. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 5(2), 99–106. https://doi.org/10.31100/jurkam.v5i2.1216

Nabila, N., & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Penyesuaian Diri pada Santri Remaja Pondok Pesantren Darut Taqwa Ponorogo. Character: Jurnal Penelitian Psikologi Perubahan, 6(3), 1–7.

Nugraha, R., & Suyadi, S. (2019). Regulasi Diri dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 9(2), 121–135. https://doi.org/10.15548/alawlad.v9i2.1917

Primavera, A. A., Yusmansyah, & Andriyanto, R. E. (2019). Penggunaan Konseling Kelompok Teknik Assertive training Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar. FKIP Universitas Lampung.

Rochanah, R. (2018). Implementasi Landasan Religius dalam Kegiatan Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Penanganan Dampak Masa Puber. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 2(1), 21–42. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i1.3884

Rofiqah, T. (2016). Konseling Religius: Mengatasi Rasa Kecemasan dengan Mengadopsi Terapi Zikir Berbasis Religiopsikoneuroimunologi. Jurnal KOPASTA, 3(2), 75–85. https://doi.org/10.33373/kop.v3i2.559

Sa’adah, A. N., Retnaningdyastuti, R., & M Dian, P. D. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Regulasi Diri dalam Belajar Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Kartika III-1 Banyubiru. Bentuk Kecemasan Dan Resiliensi Mahasiswa Pascasarjana Aceh-Yogyakarta Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19, 6(1), 55–61.

Sari, D. P. (2014). Mengembangkan kemampuan self regulation: Ranah kognitif, motivasi dan metagkognisi. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Suhendri, S., & Lidayati, K. (2019). Penerapan Penguasaan Konten Melalui Metode Two Stay Two Stray Terhadap Regulasi Diri Siswa. EMPATI-Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.26877/empati.v6i2.4278

Yasdar, M., & Muliyadi, M. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (self-regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.9

Zaini, A. (2017). Terapi Sufistik untuk Penyembuhan Gangguan Mental dan Mewujudkan Pribadi yang Sehat. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 8(1), 211–224.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________