PENGARUH PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN BARANG ELEKTRONIK DI PASAR BATUSANGKAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh Pengenaan PPN terhadap daya beli konsumen barang elektronik di pasar Batusangkar. Penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di pasar Batusangkar pada toko elektronik dengan menggunakan pendekatan Deskriftif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen barang elektronik di pasar Batusangkar, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, jumlah sampel ditentukan sebanyak 50 orang dari jumlah polulasi sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier sederhana, sehingga dapat diketahui bahwa adanya pengaruh pajak pertambahan nilai terhadap daya beli konsumen barang elektronik di pasar Batusangkar. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi antara Pajak Pertambahan Nilai dengan Daya Beli sebesar 0,812 yang bearti korelasi positif dan mempunyai hubungan yang sangat kuat, Artinya jika harga naik maka daya beli konsumen akan menurun mengakibatkan pajak yang dikenekan berupa PPN juga akan menurun.
Kata Kunci : Pajak Pertambahan Nilai, Daya Beli KonsumenFull Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Raja. (2014). Analisis Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjulan Atas Barang Mewah (PPnBM) Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Kendaraan Bermotor. Jurnal Raja Abdurrahman, 2014
Agung, Mulyo. (2009). Perpajakan Indonesia seri PPn, PPnBM, dan PPh Badan, teori dan Aplikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta
Claudya, Noviane. (2015). Analisis Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjulan Atas Barang Mewah (PPnBM) Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Kendaraan Bermotor. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 15 No. 05 Tahun 2015
Darmayanti, Novi. (2012). Analisis Perhitungan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada CV. Sarana Teknik Kontrol Surabaya. jurnal Manajemen dan Akuntasi Volume 1, Nomor 3, Desember 2012
Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 3. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Jefta, Israelka. (2011). Analisis Penerapan Pajak Pertambahan Nilai, E-Jounal Economic vol.3 No.5, 2
Mardiasmo. (2016). Perpajakan . Yogyakarta: C.V Andi Offset.
-------------. (2009). Perpajakan edisi revisi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Nugroho, S. (2015). Perilaku Konsumen: konsep dan dan implikasi untuk penelitian pemasaran. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 15 No. 05 Tahun 2015, 135.
Pandiangan, Liberty. (1993). Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Pramesti dan Supadmi. (2017). Pengeruh PPN, PPnBM, dan PKB Tarif Progresif pada Daya Beli Konsumen, E-Jurnal Akuntansi Univetsitas Udayana, 18, pp. 674-704
Purwanto, A.E dan Ratih, D.S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : GAVA MEDIA
Resmi, Siti (2011). Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat
Setiawati, Anastasya, Dwi. (2009). Perpajakan Indonesia Konsep, Aplikasi dan penuntun praktis. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sukardji, Untung. (2011). Pokok-pokok Pajak Pertambahan Nilai Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
Sumarsan, Thomas. (2017). Perpajakan Indonesia. Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media.
Supramono. (2010). Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Supriadi. (2005). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: IKAPI
Waluyo. (2007). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/al-ittifaq.v1i1.3271
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Desy Farina, Revi Candra, Yudi Irawan, Yudi Irawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.