PENGARUH PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN BARANG ELEKTRONIK DI PASAR BATUSANGKAR

Desy Farina, Revi Candra, Yudi Irawan, Yudi Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh Pengenaan PPN terhadap daya beli konsumen barang elektronik di pasar Batusangkar. Penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di pasar Batusangkar pada toko elektronik dengan menggunakan pendekatan Deskriftif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen barang elektronik di pasar Batusangkar, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, jumlah sampel ditentukan sebanyak 50 orang dari jumlah polulasi sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier sederhana, sehingga dapat diketahui bahwa adanya pengaruh pajak pertambahan nilai terhadap daya beli konsumen barang elektronik di pasar Batusangkar. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi antara Pajak Pertambahan Nilai dengan Daya Beli sebesar 0,812 yang bearti korelasi positif dan mempunyai hubungan yang sangat kuat, Artinya jika harga naik maka daya beli konsumen akan menurun mengakibatkan pajak yang dikenekan berupa PPN juga akan menurun.

Kata Kunci : Pajak Pertambahan Nilai, Daya Beli Konsumen

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Raja. (2014). Analisis Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjulan Atas Barang Mewah (PPnBM) Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Kendaraan Bermotor. Jurnal Raja Abdurrahman, 2014

Agung, Mulyo. (2009). Perpajakan Indonesia seri PPn, PPnBM, dan PPh Badan, teori dan Aplikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta

Claudya, Noviane. (2015). Analisis Pengaruh Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjulan Atas Barang Mewah (PPnBM) Terhadap Daya Beli Konsumen Pada Kendaraan Bermotor. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 15 No. 05 Tahun 2015

Darmayanti, Novi. (2012). Analisis Perhitungan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pada CV. Sarana Teknik Kontrol Surabaya. jurnal Manajemen dan Akuntasi Volume 1, Nomor 3, Desember 2012

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 3. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Jefta, Israelka. (2011). Analisis Penerapan Pajak Pertambahan Nilai, E-Jounal Economic vol.3 No.5, 2

Mardiasmo. (2016). Perpajakan . Yogyakarta: C.V Andi Offset.

-------------. (2009). Perpajakan edisi revisi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Nugroho, S. (2015). Perilaku Konsumen: konsep dan dan implikasi untuk penelitian pemasaran. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 15 No. 05 Tahun 2015, 135.

Pandiangan, Liberty. (1993). Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pramesti dan Supadmi. (2017). Pengeruh PPN, PPnBM, dan PKB Tarif Progresif pada Daya Beli Konsumen, E-Jurnal Akuntansi Univetsitas Udayana, 18, pp. 674-704

Purwanto, A.E dan Ratih, D.S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : GAVA MEDIA

Resmi, Siti (2011). Perpajakan Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat

Setiawati, Anastasya, Dwi. (2009). Perpajakan Indonesia Konsep, Aplikasi dan penuntun praktis. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sukardji, Untung. (2011). Pokok-pokok Pajak Pertambahan Nilai Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumarsan, Thomas. (2017). Perpajakan Indonesia. Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media.

Supramono. (2010). Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Supriadi. (2005). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: IKAPI

Waluyo. (2007). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/al-ittifaq.v1i1.3271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats