PERSONAL ADJUSTMENT FEMALE STUDENT’S BROKEN HOME IN MAN 2 TANAH DATAR

Ira Detriana

Abstract


Pokok permasalahan dalam artikel ini adalah gambaran penyesuaian diri siswi broken home yang berprestasi di MAN 2 Tanah Datar. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui bentuk penyesuaian diri siswi broken home yang berprestasi di MAN 2 Tanah Datar. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan observasi langsung (participant observation) dan wawancara mendalam (depth interview). Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa dari data yang ada diketahui bentuk penyesuaian diri yang dimiliki siswi berbeda ketika di lingkungan keluarga dan di sekolah. Di lingkungan keluarga mereka cenderung menunjukkan bentuk penyesuaian diri negatif. Namun, ketika di sekolah mereka mampu menyesuaikan diri secara positif dan berprestasi. Penyesuaian diri siswi broken home yang berprestasi di MAN 2 Tanah Datar dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut: kematangan emosional, kondisi lingkungan keluarga dan sekolah.

Full Text:

PDF

References


Al-Mighwar. M. 2006. Psikologi Remaja, Bandung: Pustaka Setia

Annisa, R. 2008. “Dampak Broken Home terhadap Minat Belajar”, Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNILA, Lampung

Arikunto, S. (Eds). 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Dagun. (Eds). 2002. Psikologi Keluarga, Jakarta: Rineka Cipta

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Rosdakarya

Fatimah. E. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), Bandung: CV Pustaka Setia

Fauziah. M. 2013. “Konsep Diri Remaja yang Berasal dari Keluarga Broken Home Studi Deskriptif di SMP Negeri 1 Pantai Cermin Kabupaten Solok,” Skripsi Sarjana, STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang

Gerungan. 2004. Psikologi Sosial, Bandung: Refika Aditama

Ghufron, M.N & Risnawita. S. 2011. Teori-Teori Psikologi, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hanafi, A. H. 2015. Metodologi Penelitian Kependidikan, Jakarta: Diadit Media

Hurlock. (Eds). 2003. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga

Imam Gunawan. 10 April 2010. Konsep Penyesuaian Diri, Tersedia: http://masimamgun.blogspot.com/2010/04/konsep-penyesuaian diri.html,

Jahja, Y. 2011. Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana

Putri, R. N. 2013. “Perceraian Orang Tua dan Penyesuaian Diri Remaja Studi Pada Siswi SMA/SMKN di Kota Samarinda,” Skripsi Sarjana Samarinda

Putri, W. 2013. “Korelasi antara Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Siswi di SMPN 1 Padang Ganting,” Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah IAIN Batusangkar, Batusangkar

Rahmi. M. 2013. “Kontrol Diri Siswi Broken Home Kelas XI di SMK Cendana Padang Panjang,” Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah IAIN Batusangkar, Batusangkar

Rumini, S & Sundari, S. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja, Jakarta: Rineka Cipta

Santrock, J.W. 2002. Perkembangan Masa Hidup, Jilid II, Jakarta: Erlangga

Sudarsono. 2008. Kenakalan Remaja, Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sujoko. 2011. “Hubungan antara Keluarga Broken Home, Pola Asuh Orang Tua dan Interaksi Teman Sebaya dengan Kenakalan Remaja,”, Tesis, Fakultas Psikologi Universitas Setia Budi, Surakarta

Thayib. 1992. Struktur Rumah Tangga Muslim, Surabaya: Risalah Gusti

Willis, S.S. 2009. Konseling Keluarga (Family Counseling), Bandung: Alfabeta

Yusuf, S. (Eds). 2014. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/agenda.v1i1.944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ira Detriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
AGENDA: Jurnal Analisis Gender dan Agama distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

       

View My Stats