STUDENT’S ABILITY IN SOLVING MATH STORY PROBLEMS: GENDER DIFFERENCES

Ilham Wahyudi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan penyelesaian soal cerita matematika siswa ditinjau dari perspektif gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Tigo Lurah kelas VII semester 2 yang berjumlah 16 orang siswa. Materi bahasan yang digunakan adalah aritmatika sosial. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah latihan soal. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah dengan melihat hasil latihan soal siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika, kemudian dikelompokkan dalam kategori rendah, sedang, dan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa laki-laki 82 dan nilai rata-rata siswa perempuan 75. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan penyelesaian soal cerita siswa laki-laki lebih baik dari pada siswa perempuan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31958/agenda.v3i2.4734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ilham wahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
AGENDA: Jurnal Analisis Gender dan Agama distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

       

View My Stats