Pengaruh Budaya dan Persepsi Masyarakat terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah

Supiani Supiani, Fawza Rahmat, Fajar Budiman

Abstract


Rendahnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap bank syariah, terutama yang disebabkan dominasi bank konvensional, sebuah fenomena bahwa budaya dan persepsi masyarakat mempengaruhi keputusan menabung. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui sejauh manakah pengaruh budaya terhadap keputusan menabung; (2) untuk mengetahui sejauh manakah pengaruh persepsi masyarakat terhadap keputusan menabung; (3) untuk mengetahui sejauh manakah pengaruh budaya dan persepsi masyarakat secara bersama-sama terhadap keputusan menabung.

Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian survey yang termasuk kategori explanatory research yaitu penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan-hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 150 orang dan sampel sebanyak 44 orang yang diambil dengan menggunakan rumus slovin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya dan persepsi masyarakat terhadap keputusan menabung di Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Simpang Empat. Budaya tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung. Persepsi masyarakat berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel budaya dan persepsi masyarakat secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung dan hipotesis penelitianya teruji.

 

Key Word : Budaya, Persepsi Masyarakat, Keputusan Menabung.

Full Text:

Download PDF

References


Aristoteles.2001. “perilaku organisasi”. (Jakarta : PT. Prehallindo).

Ascarya. 2008. “Akad dan Produk Bank Syariah”. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada)

Departemen Pendidikan Nasional. 2011. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa”. (Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama).

Follet, Mary Parker, Defenition of Management (dalam http://www.defenisimanajemen.htm diakses pada tanggal 25 januari 2020 pukul 14.40)

Haryo S Martodirjdo. 2004. “Pemahaman Lintas Budaya”. (Jakarta: PT. Raja Grafindo).

Hassan Sadhily. 2013. “perilaku konsumen”. (Yogyakarta : CV. Andi Offset).

Jalaluddin, Rahmat. 1991. “Psikologi Komunikasi”. (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Joko Tri prasetya, et. all. 2004. “Ilmu Budaya Dasar”. (Jakarta: MKDU).

Kartini Kartono. 1986. “Pengantar Metode Riset Sosial, Alumni”, (Bandung: Java Media).

Kotler, P., & Armstrong, G. 2011. “Principles of Marketing” (New Jersey: Pearson Education).

Lutfi Efendi. 2009. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah pada Bank Muamalat Malang. (Malang: CV. ALFABET).

Machmud & Rukmana, Bank Syariah Teori, Kebijakan dan Studi Empiris di Indonesia, Jurnal Kajian Ekonomi Islam, Vol. 2, No. 1, Januari-Juni 2017

Mudji Sutrisno. 2003. “Teori-Teori Kebudayaan”. (Jakarta: YKPN).

Muhammad, Manajemen Pembiayaan Bank Syariah, Business Administration, Vol.1 No.2, September 2017.

Prajudi, Atmosudirjo. 2001 “Hukum Administrasi Negara” (Jakarta: Bumi Aksara).

Sondang P, Siagian. 1993 “Filsafat Administrasi”. (Jakarta: PT Bumi Aksara).

Stephen P Robbins. 2013. “perilaku organisasi”. (Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada).

Sunaryo. 2002. “Psikologi Untuk Keperawatan”. (Jakarta: EGC).

Trenholm. Sarah & A. Jensen, Interpersonal Communication, Jurnal Kajian Ekonomi Islam, Vol. 2, No. 1, Januari-Juni 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/ab.v1i1.2618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Al-bank: Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Al-bank Visitor