IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MTsN 6 TANAH DATAR

Suci Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup tentang implementasi manajemen berbasis madrasah di MTsN 6 Tanah Datar, Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.

Hasil penelitian dari implementasi manajemen berbasis madrasah di MTsN 6 Tanah Datar mencakup 2 hal yaitu manajemen kurikulum dan manajemen kesiswaan. Dalam implementasi manajemen berbasis madrasah melalaui manajemen kurikulum ada beberapa tahap yaitu (1) Perencanaan kurikulum di MTsN 6 Tanah Datar dengan cara melakukan kegiatan merencanakan segala aspek yang berhubungan dengan kurikulum. (2) Pengorganisasian kurikulum di MTsN 6 Tanah Datar  dengan cara menyusun kurikulum yang meliputi: menyusun kelompok mata pelajaran, menyusun beban belajar di MTsN 6 Tanah Datar, menyusun jadwal pelajaran, menyusun kegiatan pengembangan diri, membagi tugas mengajar bagi guru sesuai dengan bidang keahlian masing-masing dan menentukan hari mengajar. (3)  Pelaksanaan kurikulum di MTsN 6 Tanah Datar dibagi menjadi 2 tingkat, kurikukulm tingkat sekolah dan tingkat kelas. (4) Evaluasi kurikulum di MTsN 6 Tanah Datar melakukan analisis kurikulum selama 1 tahun.

Dalam implementasi manajemen berbasis madrasah melalaui manajemen kesiswaan ada beberapa komponen yang perlu dijalankan yaitu (1) Penerimaan peserta didik baru di MTsN 6 Tanah Datar meliputi: perencanaan penerimaan peserta didik membentuk panitia PPDB, menetukan daya tampung sekolah, membuat syarat-syarat penerimaan siswa baru, menetukan kriteria penerimaan siswa baru, melakukan promosi terkait penerimaan siswa baru, dan sistem pelaksanaan siswa baru melalui jalur seleksi, dan mengadakan orientasi siswa baru. (2) pelaporan kemajuan belajar murid di MTsN 6 Tanah Datar meliputi: buku pribadi anak, buku penilain harian, dan rapor siswa, (3) bimbingan dan pembinaan disiplin murid di MTsN 6 Tanah Datar diantaranya: siswa dapat mengupayakan dan berusaha untuk melakukan hal-hal berikut, hadir di sekolah 10 menit sebelum pelajaran dimulai, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang dipilihnya, mematuhi tata tertib sekolah, tidak meninggalkan sekolah tanpa izin, dan memngikuti kegiatan bimbingan konseling, dan lain-lain yang dapat meningkatkan disiplin siswa.


References


Ali Imran. (2011). Manajemen Peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Ayeni1 Adeolu Joshua & Williams OlusolaIbukun. (2013). A Conceptual Model for School-Based Management Operation and Quality Assurance in Nigerian Secondary Schools, Journal of Education and Learning; E-ISSN 1927-5269 Vol. 2, No. 2; 2013

Detik news. (2019). Potret Pendidikan Indonesia di Tengah Perkembangan Teknologi. https://news.detik.com. 02 Mei 2019

E.Mulyasa. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hamalik Oemar. (2010).Manajemen Pengembangan Kurikulum.Bandung; RemajaRosdakarya.

Hon Keung Yau. (2014).Principals and Teachers’ perceptions of School-Based Management, Published by Science and Education Centre of North America,44-59 ISSN 2291-5273 E-ISSN 2291-5281, Volume 2, Issue 1 2014

Ibrahim Bafadal. (2000).Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar; Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi, Jakarta: Bumiaksara

Mulyasa. (2012). Manajemen Berbasis Kompetensi, Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: Rosda.

Rusman. (2011).ManajemenKurikulum, Jakarta: RajawaliPers

Siedoo. (2019) Peringkat Pendidikan Indonesia dan Budaya Buruknya. https://siedoo.com 20 Oktober 2019

Suhardan. (2010). Supervisi Profesional, Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto dan LiaYuliana. (2009). Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media,

Sri Minarti. (2011). Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri, Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Tim Dosen. (2008). Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Alfabeta.

Umiarso, (2018). Manajemen mutu pendidikan. Bandung:

UU No 20 Tahun 2003

Wahyudi dinn. (2014). Manajemen kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v8i2.2262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Suci Andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

__________________________________________________________________________

Al-Fikrah: The Journal of Educational Management
ISSN 2339-0131 (print) | 2549-9106 (online)
Organized by Department of Education Management, Post Graduate Program, State Institute for Islamic Studies Batusangkar, Indonesia
Published by Department of Education Management - Post Graduate Program
W : http://al-fikrah@iainbatusangkar.ac.id
E  : alfikrah@uinmybatusangkar.ac.id, fadriati@iainbatusangkar.ac.id, ad4mmudinillah@gmail.com

View Al-Fikrah Stats

 Lisensi Creative Commons

Creations are disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.